Sebenernya, masalah itu hanya temporary, dan dalam bisnis hal yg wajar, ya kita
lihat saja negara2 yg bbmnya disubsidi vs negara yg bbmnya tidak disubsidi,
balik lagi kan kegaris besarnya seperti itu.

Karena juga, memang pastinya setiap perubahan pasti ada pertentangan, setelah
pertentangan, ada penyesuaian. Karena beberapa orang yg lebih mengerti, dan tau
, pastinya sudah berhitung, apabila alokasi subsidi bbm, di pindah ke alokasi
x, y, z, maka negara dapat menjadi , a, b , c,

Contoh kecil saja, uang 500 rb, akan digunakan berbeda, apabila diberikan
kepada pedagang bubur, vs anak sma

Si pedagang bubur sudah mengerti , apabila pagi ini, subuh, saya belanjakan
uang 500rb kepasar,

Nanti maghrib saya bawa uang 700rb, karena rata2 bubur saya laku 100 mangkok.
Dan yang mana nantinya saya dapat membiayai keluarga saya

Namun apabila anak sma, 500rb saya akan belikan sepatu dan jam tangan, habis
itu saya minta lagi 500rb untuk belanja lainnya.

disini terlihat jelas, tentunya pemerintah ada pada posisi tukang bubur, karena
mereka memiliki bank data, tentang bisnis di indonesia yg potensial. Dan akan
mendatangkan keutungan bagi negara.

Lain pula dengan mentri pariwisata, misalkan.
Bila dikasih alokasi dana 20 persen dari dana subsidi bbm yang dihentikan.
Mungkin dia mengontrak jasa advertising internasional, membuat iklan di
televisi international, dan buat 4 format bahasa, china, jepang, amerika dan
arab, yang iklan tersebut di tayangkan di televisi internasional.

Seperti yang dilakukan oleh singapore, malaysia dan australia.
Tentunya setelah proses itu, akan ada turis yang datang, dan menjadi sumber
devisa negara. Balik lagi

Posisinya adalah posisi si tukang bubur tadi.

Sedangkan rakyat memang posisinya seperti anak sma tadi

Powered by Telkomsel BlackBerry®