Dear all..
Dengan ikut milis BA dan baca2 artikel..saya yang super duper telmi masalah
kesehatan ini, lagi belajar untuk rasional mengobservasi kondisi anak kalo
lagi sakit..
cuma..pengalaman nungguin farrel di rs selama minggu ini rada-rada bikin
traumatik begini critanya..

pengalaman 1
pas masuk ugd..saya bareng ortu yang anaknya diduga dbd..anaknya gemuk
kelas 2 atau 3 sd, nggak keliatan lemes banget, masuk ugd aja jalan sendiri,
naik ke tempat tidur sendiri..
selesai si farrel di infus..anak itu belum bisa juga diinfus mungkin
pembuluh darahnya dah pada pecah..saya langsung masuk kamar duluan..nggak
ngikutin kejadian, besok shubuhnya anak tersebut dah meninggal ..innalillahi
wa innailaihi rajiun..

Pengalaman 2 (Jum'at jam 6.30 pm)
naik lift bareng seorang ibu, mo besuk ponakannya yang pasien baru,
kebetulan satu lantai sama si farrel..ngobrol deh..katanya mo besuk
ponakannya (umur 2 tahun ) yang baru masuk jam 5 sore tadi, panas dan
diare..paginya dah ke dokter, sorenya harus ngamar. Sempet ketemu ibu si
pasien juga..ngobrol2 dikit terus masuk kamar farrel,
Jam 8 pm, ada teriakan histeris dari kamar sebelah. Masya Allah..anak ibu
yang tadi ngobrol sama aku itu meninggal. Umur 2 tahun cewek..montok..
kata suster, kejang-kejang dan dehidrasi.

Mulai dari detik itu sekarang aku parno abis..nggak mungkin bisa kayak mbak
intan deh..
mungkin karena aku bukan orang medis kali ya..ngeliat kejadian kayak gitu
traumanya sampe sekarang.
patokan apa sih yang bisa kita jadikan ukuran kapan kita butuh perawatan
medis?
Semua anak yang aku lihat meningal di rs itu bukan sakit degeneratif.. semua
karena salah treatment/diagnosa (??) or telat dibawa ke rs..gimana supaya
jadi ortu nggak ceroboh tapi tetap rasional
kalo diare + panas, kondisinya seperti apa yang butuh ke ugd? katanya selama
anak masih bisa minum, n kencing nggak masalah..is that true?
kalo panas karena dbd anak lemes..tapi kenapa anak yang aku lihat di
ugd..masih bisa jalan sendiri dan nggak keliatan lemes?

Tolong sharenya dong mbak sylvia,uci, intan, pak dokter..bu dokter..
everyone..

Kirim email ke