aduh mbak niken, aku turut prihatin ya :(
cerita2 mbak niken itu emang bikin serem deh, aku juga pasti trauma...

aku sendiri memutuskan untuk lebih banyak belajar mandiri (tentu sambil
konsultasi ke pihak2 yang kompeten, jadi gak jalan sendiri, takutnya salah)
setelah dulu pernah anakku ygpertama di opname, diinfus (yg sangat
menyakitkan buat dia), dan dijejelin obat macem2...yg padahal beberpa minggu
setelahnay aku baru tau kalau dia hanya kena roseola... nyesel deh..

apalagi ngalamin kayak mbak niken :( bisa2 kurus aku dan kursus privat jadi
dokter sekalian deh huhuhu biar bisa bantu masyarakatindonesia terhindar
dari tindakan2 medis yang tidak perlu atau bahkan justru membahayakan anak2
kita... *sok tau ya gue*

ttg 2 cerita mbak niken, kita gak bisa menjudge malpraktik, kaena bisa jadi
memang anak2 tersebut sudah tahap kritis, sehingga secepat dan sesigap
apapun dokter dan paramedik, tetep terlambat :( aku gak bisa komen banyak
deh ...

nah kalau penalaman2ku untuk home treatment selama anak2ku sakit, tentunya
sebelumnya aku dah bekalin diri (banyak baca) sampe afal gejala2 common
illness pada anak2.... gejala2, dan bagaimana 'behavior' dan 'rute' dari
penyakitnya itu sendiri...

yg tentang penyakit anakku kemaren (yg aku share), sudah SOPnya (standard
operation procedure), bahwa:
- demam adalag gejala, bukan penyakit. Untuk itu, jangan takut sama demam...
jangan buru2 memberi obat pada demam yg rendah, karena demam itu sendiri
dibutuhkan bagi tubuh untuk membunuh virus dan bakteri.
- kalau anak demam, yang ditakutkan BUKAN PENYAKITNYA, tapi AKIBATnya...
kalau demam, membuat cairan di dalam tubuh anak semakin dikit. untuk itu,
PERBANYAK minum. Kalau masih ragu berapa banyak, pokoknya sampe dia pipis2
deh heheheh
- kalau demam belum 72 jam lebih, dokter manapun masih akan kesulitan
menentukan penyakit yg diderita si anak.bisa jadi karena virus biasa, atau
bakteri, atau protozoa, dan lain2.. untuk itu, jangan terbru2 ke dokter,
karena beresiko akan diberikan obat2an yg tidak dibutuhkan anak dan untuk
jangka panjang justru akan merugikan tubuh anak sendiri.
- home treatment selama demam: parasetamol (hindari ibupforen seperti
_proris_), rendam air hangat (lebih hangat daripada air mandi bayi), dan
kompres dengan air hangat...

apalagi ya...

yg penting, selama anak sakit tetap tenang. gimana supaya tenang? banyak
belajar dan baca :)

--
Intan Dima
http://muslimahjelita.multiply.com (jilbab dan busana cantik)

Atau silahkan japri untuk melihat katalog terbaru (saat ini hanya ada
katalog jilbab dan busana).

Kirim email ke