Dear mbak Niken,

Gimana Farrel sekarang, mbak?  Hopefully he's much more better ya.. :)

Nambahin sedikit dari yang sudah di-shared moms lainnya.
Untuk home treatment - penanganan demam, common cold, dll - saya harus
belajar jadi OBSERVER yang baik untuk semua perilaku anak2 saya selama
sakit.  Kalau sudah lihat anak demam (tinggi), treatment (parasetamol, ukur
suhu, kompres/rendam air hangat, bujuk untuk istirahat/makan/minum) akan
saya lakukan sambil kondisikan diri sendiri untuk monitor ketat hasilnya.
Sudah banyak info yang bisa dipakai jadi 'manual book' untuk penanganan
demam, itu yang saya jadikan patokan sambil tetap observe lagi perkembangan
kondisi anak. Rasanya step2 seperti itu sudah 'hapal' banget, tapi pas
prakteknya, saya harus berulang kali buka file atau get on-line dengan
internet hanya untuk make sure sekaligus menenangkan hati :)

Saya pikir 'manual book' penanganan demam tidak sekadar disusun oleh 1-2
orang ahli medis, tapi sudah melewati berbagai research dan bukti medis
ilmiah, juga waktu semua informasi dan jurnal kesehatan merujuk pada step2
yang serupa, berarti home-treatment yang dilakukan memang sudah tepat
dilakukan.  Makanya cukup banyak informasi seperti ini yang selalu
menyertakan sub. titel 'kapan harus menghubungi dokter?' dalam artikelnya.

Issue lain, 'beda pendapat' dengan orang2 dewasa di rumah waktu menangani
anak yang sakit.  Makanya saya selalu coba untuk meminimalkan 'konflik' yang
mungkin ada dengan sharing dengan orang2 di rumah, tentang informasi2
terbaru yang kebetulan saya tahu pada waktu anak2 justru sedang nggak ada
sakit. So far, ini cukup banyak membantu saya untuk lebih tenang dan
rasional karena minimal punya teman 'orang dewasa' di rumah yang juga
sepaham dengan home-treatment yang sedang dilakukan.

Satu lagi, waktu kita hadapin anak yang sedang ngalamin demam - home
treatment dan observasi ketat tetap dijalani - dan anak kita lalu recover
dan kembali ceria .... saya pribadi ngalamin 'fase' lebih percaya diri untuk
siap melakukan hal serupa in case anak mengalami kembali gejala yang mirip
next time.  Orang bilang 'common cold' itu penyakit yang sering dialamin
balita, berarti saya harus stand-by dan berharap lebih PD kalau memang harus
deal lagi dengan sakitnya anak2 di lain waktu.
Panik? tetep ... apalagi lihat anak sendiri yang sedang nggak berdaya ...
tapi karena ada pengalaman dan didukung oleh 'manual book' yang tepat,
kadang sangat membantu saya untuk mengurangi derajat kepanikannya :)

Anyway, manusiawi sekali kok mbak kalau sekarang sedang ngalamin 'trauma'
dengan banyak kasus yang mbak lihat sendiri di UGD/RS.  Konsekuensi 'alami'
yang mungkin harus dihadapi karena kita ada di lingkungan RS.
Setelah ini, saya yakin kita semua bisa jadi orang tua yang terus belajar
melakukan penanganan terbaik untuk anak2 kita - waktu mereka 'terpaksa'
sakit :)

sun sayang buat Farrel, ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

<deleted>