----- Original Message -----
From: tony <[EMAIL PROTECTED]>
> saya mempunyai seorang bayi yang baru berusia 7 bulan, dengan berat
> badan lebih kurang 6 kg. Saya melihat berat tubuhnya sangat kurang dan
> kurang gemuk  bila di bandingkan dengan anak-anak se usianya, yang ingin
> saya tanyakan adalah :
> 1. bagaimana caranya untuk menambah napsu makan anak saya sehingga berat
> badan nya bertambah dan kelihatan gemuk.
> 2. Apakah ada vitamin atau obat tradisional yang bisa menambah napsu
> makan anak saya tersebut.
> sebagai informasi : anak saya sejak lahir hanya minum susu kaleng tidak
> minum ASI dan melalui operasi caesar

Pak Tony, seorang anak dapat dikaakan kurus atau gemuk bukan berdasarkan
perbandingan badanya dengan anak lain yang seusianya. Tetapi akan baik
rasanya jika kita menilai anak kita gemuk atau kurs berdasarkan ukuran
grafik yang biasanya ada di buku rekaman medisnya ( saya memilikinya dari
buku DSA anak saya, biasanya juga yang dari pos yandu memiliki buku ini ).
Nah pada buku ini ada grafik berat badan anak, tinggi dan juga besar
lingkaran kepala. Pada setiap grafik ada garis tengah yang merupakan ukuran
normal ( untuk masing maasing pengukuran ) untuk berat badan biasanya antara
bulan dan berat badan anak. Seorang anak dikatakan kurus atau kelebihan
berat jika ia sudah melewati garis batas grafik, baik atas maupun bawah. Nah
semoga informasi ini bermanfaat.

Pendapat saya sich lebih baik anak sehat, bukan kurus atau gemuknya. Dan
juga kalau dia jadi gemuk jangan samapai menjadi obesitas, kasihan besarnya.

salam kembali