Pak Tony,

saya punya 2 balita, kakaknya 4.5 tahun sedang adiknya 9 bulan. Si kakak,
laki laki, sejak lahir badannya gemuk (4.2 kg) dan pertumbuhan badannya
selalu diatas rentang normal (dari buku panduan dokter) dan sampai umur 4.5
tahun pun beratnya diatas rata rata, sekarang 27 kg. Sedangkan adiknya,
perempuan, berat lahir 3.5 kg, sangat berbeda, kenaikan berat badannya
normal dan tubuhnya cenderung kurus bila dibandingkan kakaknya. Diusia 9
bulan berat badannya 'hanya' 8 kg. Tapi saya tidak kecil hati karena setiap
anak punya kecenderungan masing masing, si adik biarpun kurus tapi makannya
lahap dan jarang sakit. Si kakak memang sangat suka susu tapi relative
sering terkena batuk pilek karena alergi dingin.

Kalau berat bayi anda masih dalam rentang garis normal menurut saya orangtua
tidak perlu kuatir, karena setiap anak berbeda.

Begitulah pengalaman saya, semoga berguna.