> Yth rekan-rekan di balita anda
>
> saya mempunyai seorang bayi yang baru berusia 7 bulan, dengan berat
> badan lebih kurang 6 kg. Saya melihat berat tubuhnya sangat kurang dan
> kurang gemuk  bila di bandingkan dengan anak-anak se usianya, yang ingin
> saya tanyakan adalah :

Saya bisa merasakan kekhawatiran bapak melihat pertumbuhan berat badan anak
bapak yang kurang apabila di bandingkan dengan berat badan teman sebayanya.
Tapi menurut saya yang penting anak bapak sehat karena anak yang sehat
cenderung mempunyai nafsu makan yang baik.

> 1. bagaimana caranya untuk menambah napsu makan anak saya sehingga berat
> badan nya bertambah dan kelihatan gemuk.

Tiap anak pasti membutuhkan makan dan minum seperti orang dewasa. Bagi
anak-anak makanan dan minuman adalah buat pertumbuhan. Cuma persoalannya
adalah bagaimana cara kita memberikan makan dan minum anak tersebut. Hal
ini memerlukan "ketekunan dan kesabaran" orang tuannya dalam memberikannya
karena anak itu cenderung lebih suka bermain saat makan atau minum.
Usahakan mengasih makan dan minum susu itu bapak/isteri, dari situ kita
akan mengambil satu kesimpulan kapan,bagaimana mengasih makan atau minum
anak bapak.
Berikut ini saya coba buatkan satu jadwal makan dan minum susu buat anak
bapak
1. jam 6 pagi bangun terus mandi setelah itu makan bubur pagi, bisa dibuat
sendiri atau instan
2. jam 7 pagi minum susu 150 cc
3. jam 9.30 minum susu 150 cc
4. jam 11.30 makan biskuit/atau bubur + buah
5. jam 13.30 minum susu 150 cc
6. jam 15.30 minum susu 150 cc
7. jam 17.30 makan bubur
8. jam 19.00 minum susu 150 cc

> 2. Apakah ada vitamin atau obat tradisional yang bisa menambah napsu
> makan anak saya tersebut.

Usahakan sesedikit mungkin memberikan obat-obatan kepada anak-anak karena
obat-obatan itu kebanyakan mempunyai efek samping

wass,
Mardanil