Dear balita-anda netters,

Memang betul sekali pendapat bapak Pras dan lainnya, sebetulnya untuk
mengoptimalkan otak Balita adalah keseriusan dan ketelatenan kita sebagai
orang tua untuk mendampingi pendidikannya. Buku, mainan, peraga adalah hanya
alat bantu untuk mencapai tujuan tersebut.

Kebetulan saya juga mengikuti program ini : EWOL, HELP, dan Supplement
lainnya (walaupun nyicil) yang memang terasa sekali manfaatnya. Saya pada
awalnya tidak begitu concern pada alat bantu seperti ini apalagi dengan
harganya yang mahal dan pangantar dalam bahasa inggris, tetapi setelah saya
melihat beberapa teman saya yang mengikuti program ini, saya mulai percaya
bahwa otak balita memang harus di stimulasi sesuai dng perkembangannya, saya
mulai mempelajari tentang struktur pendidikan dan optimasi IQ balita yang
memang dari beberapa literatur dijelaskan bahwa 50 persen dari pembentukan
intelektualitas dan intelegensia manusia di bangun pada usia 0 sampai 2
tahun, lalu 80 persen pada usia 0 sampai 4 tahun sedangkan 20 persen
selebihnya di bangun sampai usia 18 tahun.

Ini juga diperkuat dengan beberapa eksperimen yang mengatakan justru
pembentukan IQ dan EQ sudah mulai pada saat bayi dalam kandungan, itulah
mengapa beberapa psikolog luar negeri menganjurkan untuk mendengarkan lagu
lagu klasik pada bayi dalam kandungan, menurut mereka lagu lagu klasik dari
mozart, bethoven, Chopin, Lintz atau lainnya mempunyai irama matematis yang
dapat menstimulasi perkembangan otak karena kadang partitur dan susunan nada
nya tidak mengikuti pattern baku seperti lagu pop.

Perkembangan otak balita sendiri tanpa kita sadari adalah sesuatu yang
sangat menkjubkan. Kadang kita berfikir proses nya agak lama, tetapi
sebenarnya balita itu sangat jenius, cuma mereka tidak dapat
mengekspresikannya. Jadi jangan berfikir bahwa mereka terlalu dini untuk
diajar sesuatu, bahkan dari literatur yang saya baca mereka dapat langsung
belajar 3-4 bahasa sekaligus .. !!, hal ini dimungkinkan mungkin karena
mereka belum mempunyai referensi. Bahkan anak teman saya membuat kaget orang
tuanya pada saat dibawa pertama kali pada usia 7,5 bulan ke kebun binatang
dan dia berteriak "Elephant ... Elephant .... !!" pada saat melihat gajah,
padahal dia belum pernah melihat sebelumnya dan hanya mendengar cerita
ibunya dari buku yang mereka pikir tidak akan terekam dalam memory apalagi
dalam bahasa inggris. Lalu ada anak teman saya berusia sekitar 15 bulan main
kerumah saya yang kebetulan melihat lukisan abstrak di ruang tamu, tapi
dengan cepat dia bisa bilang "kupu-kupu .... Butterfly" .... kita semua
terkesima .... tidak mudah untuk orang awam untuk menginterpretasikan
lukisan itu kupu-kupu.
Balita juga merupakan peniru ulung ..., jadi pembentukan intelektual juga
akan terpengaruh akan apa yang dia lihat, dengar dan rasakan, jadi sebaiknya
jangan berbohong atau berlaku yang tidak baik di depan dia, karena walaupun
mereka masih dibawah 1 atau 2 tahun mereka akan merekam semua apa yang
mereka lihat, dengar, dan alangkah buruknya kalau itu menjadi referensi
mereka.

Bukan untuk promosi terhadap program ini (karena saya tidak punya bisnis
dengan produser buku ini) tetapi saya juga sudah pelajari program program
lain, karena ada beberapa program seperti ini ..., ternyata saya lebih
memilih EWOL program ini ....., mungkin saya bisa saja salah ... sebab saya
harus cepat menentukan karena saya tidak ingin kehilangan 2 tahun yang
sangat berharga pada anak saya, saya mengikuti program ini sejak anak saya
berusia 6 bulan. Kalau boleh saya diskripsikan paket dari program ini adalah
panduan orang tua, lalu stimulasi melalui cerita, warna, gambar, kartu, alat
peraga, permainan, dan masih banyak lainnya. Ceritanya sendiri punya alur
dinamis sesuai dengan usia dan perkembangan anak, selain itu juga ada
evaluation book atau record book yang merupakan rapor dari anak kita, yang
bisa kita jadikan feedback untuk menyeimbangkan pendidikannya.

Tapi ini semua juga merupakan analisa psikis dari balita sedangkan
perkembangan fisik nya sendiri sangat tergantung dari gizi yang kita berikan
....., juga semua ini tergantung pada ke ikhlasan dan do'a kita untuk anak
kita untuk menjadi anak yang sholeh dan berguna ... tanpa itu semua saya
pikir apa yang kita berikan adalah sia-sia .....

wassalam,

Herdian
( may Pramadithya be a good and smart son .... amien )

beribu maaf saya tidak melayani pemesanan untuk program ini .......