Tanpa mengecilkan arti Rp8 juta, kalau diusahakan, dengan sedikit atau banyak
maksa, kebanyakan orang tua peserta milis ini pasti bisa. Yang mahal, dan
sebenarnya yang paling penting, adalah kesediaan kita sebagai orang tua untuk
meluangkan waktu guna mendampingi anak kita, seperti dikatakan oleh Pak A.
Prasetija. Banyak teman yang saya jumpai, mereka mampu dan bahkan sudah membeli,
namun buku tersebut menjadi pajangan saja. Jadi mau bukunya harga berapa bukan
di situ kuncinya. Sewaktu saya kecil dulu, bacaan saya juga cuma Bobo dan
komik-komik HC Andersen. Jadi, untuk para Bapak dan Ibu yang tidak atau belum
mau mengeluarkan Rp8 juta, jangan khawatir. Beli saja buku yang lebih murah di
toko buku. Yang penting ada gambarnya dan menarik untuk anak kita. Setelah itu
kita ajak dan temani anak kita untuk membaca. Itu kuncinya. Dan inilah yang saya
lakukan.

Salam balita,
Irawan