Halo semuanya, saya baru mulai ikutan lagi di milling list ini setelah
lebih kurang 5 bulan tidak aktif karena kesibukan kuliah.
Kalo boleh saya urun rembug dan sharing pengalaman saya;
Sejak melahirkan saya sudah berusaha untuk menyusui anak saya, tetapi
karena sesuatu hal saya baru mulai menyusui pada hari ke lima setelah
melahirkan. Mulanya cukup sulit karena ASI saya sedikit sekali dan ASI saya
baru lancar setelah bayi saya berusia lebih kurang 2 bulan. Itupun setelah
mencari-cari tahu apa penyebab sedikitnya ASI saya.
1. Saya baca  artikel di Ayahbunda yang memberitahukan bahwa untuk
memperbanyak ASI dengan mengkonsumsi karbohidrat dan air (putih atau susu)
yang banyak, khusus bagi yang sulit sekali produksi ASInya disarankan dalam
artikel tersebut untuk makan sehari 4/5 kali (Saya makan setiap hari 4
kali). Atau resep tradisional dengan mengkonsumsi daun katuk.
2. Salah satu teman saya seorang psikolog menyarankan saya untuk selalu
berpikir positif bahwa ASI saya banyak (Percaya atau tidak saya berhasil
memperbanyak produksi ASI saya dengan selalu berpikir positif bahwa ASI
saya banyak). Karena menurut dia selain faktor-faktor lain, pusat syaraf di
otak juga mempengaruhi dari produksi ASI kita.
Mungkin Ibu Laras bisa mencoba apa yang saya lakukan karena Alhamdulillah
ASI saya masih lancar dan banyak sekarang ini walaupun bayi saya sudah
berusia 14 bulan (Insya Allah saya tetap menyusui sampai dia berusia 2
tahun) dan juga sejak saya masuk kerja (dia berusia 3 bulan), saya hanya
menyusui di malam hari (Senin - Jumat) dan full pada Sabtu dan Minggu
karena selain bekerja saya masih kuliah di malam hari di mana seringnya
pulang sampai rumah sudah jam 9/10 malam dan biasanya bayi saya sudah
tertidur pulas.

Selamat mencoba mudah-mudahan bermanfaat tetapi ada efek samping dari apa
yang saya sarankan bahwa mungkin Ibu tidak bisa melangsingkan diri karena
terus terang berat badan saya tidak turun jauh dari saat sebelum
melahirkan.

Salam

Intan

"Asbaun, Happy HP" <[EMAIL PROTECTED]> on 02/04/2000 03:34:32 PM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]