pak Irvan dan keluarga,
selamat menempati rumah baru ya...

soal tidur, memang saya dulujuga mengalaminya, usia 3-5 bulan, anak saya
susah tidur, udah disusuin, digendong, diayun-2, tetep aja begitu ditaruh
bangun lagi. katanya sih kurang nyenyak.
tapi setelah bbrp kali pengalaman, saya menemukan taktiknya,
jadi si bayi ditaruh (dipindahkan ke t4 tidur), pas dia "mak les"
(b.indo-nya apa?), maksud saya tuh... pas si bayi fall asleep, jadi keadaan
di mana dia sangat ngantuk, ah ya, jatuh tertidur.
waktu kondisi ini, saking ngantuknya, si bayi ngga' pengaruh mau dipindahkan
dari gendongan ke tempat tidur. akhirnya, ya.. saya bisa lepas ngegendong
dia sebelum tidur.

kalau masalah telentang/tengkurap, asal si bayi sudah bisa bolak-balik
sendiri, ya ngga' papa, mau ditaruh telentang atau tengkurap. anak saya dulu
4 bulan udah bisa nggelinding-2 di tempat tidur, jadi boboknya ya sesuka
dia. tapi kalau belum bisa balik badan sendiri, posisi telentang yang memang
paling bagus, terutama untuk menghindari SIDS.

begitu sharing saya, moga-2 berguna.

Quinike