Saya juga kemarin baru ditawarkan asuransi pendidikan dari Sewu New York
Life. Dengan premi per bulan -/+ Rp 200.000,-, uang pertanggungannya sebesar
Rp 30.000.000,-. Sedangkan untuk premi sebesar -/+ Rp 300.000,- , uang
pertanggungannya Rp 50.000.000,-.

Kita memayar premi selama 18 tahun. Pada tahun ke-6, kita akan mendapatkan
10 % dari uang pertanggungan, tahun ke-12, mendapatkan 20% dari uang
pertanggungan, tahun ke-15 30 % dari uang pertanggungan, tahun ke-18 dapat
50%  dari uang pertanggungan. Setelah itu kita tida perlu membayar premi
lagi, dan setiap tahun kita mendapatkan 30% dari uang pertanggungan sampai
dengan 5 tahun.

Setelah saya coba bandingkan dengan kalau saya simpan sendiri uang itu di
bank (asumsi bunga 10 % per tahun - flat), maka selisihnya bisa sampai
sekitar Rp 30.000.000,- (jelas lebih untung nabung sendiri).

Yach........paling masalahnya adalah kedisiplinan kita untuk menabung
tersebut. tapi hal ini khan bisa disiasati dengan cara membuka 1 rekening
khusus (atas nama suami-istri) dan tiap bulan langsung didebet (auto debet)
dari rekening operasional kita. Seandainya kita tergiur untuk mengambil
(karena tabungnnya sudah banyak), maka tidak semudah kalo' kita menabung
atas nama sendiri, sehingga kita bisa berpikir 2 kali untuk mengambilnya.

Ini hanya sekedar saran. Mungkin ada aran lainnya, yang lebih baik. Soalnya
saya juga sedang mempertimbangkan untuk asuransi pendidikan tersebut.

Thank's.