Bapak Hadi yang terhormat,

Sebenarnya anak bapak belum dapat dikatakan nakal, karena dalam dirinya
masih dalam proses pembentukan kepribadian. Sebagai informasi, usia 2 tahun
hingga 4 tahun seorang anak mengalami fase menjadi "raja" atau kalau orang
jawa bilang "kemratu". Hal ini wajar dan itulah memang fase dimana seorang
anak belum saatnya disekolahkan karena masih melakukan eksplorasi terhadap
dirinya sendiri, baik dari segi kekuatan dan kecerdasan fisik hingga
emosionalnya. Ada tipe anak yang sudah mulai bersosialisasi di usia 2-3
tahun, ada juga yang baru melakukannya di usia diatas 3,5 tahun.

Kalau saran saya, Biarkan saja dia tumbuh sebagai individu tidak usah pusing
dengan masalah dijauhkan teman-temannya karena memang mungkin belum saatnya
bagi anak bapak untuk "berteman", tetapi mulai perkenalkan nilai-nilai
negosiasi dengan memberi syarat jika si anak menginginkan sesuatu. Memang
pertama-tama si anak tidak akan memperdulikan tetapi lambat laun akan
mengerti juga. Untuk mendukung proses ini, pada hal-hal yang prinsip,
misalnya membuang makanan ke lantai, mengacak-acak makanan, atau
menekan-nekan tombol power TV, orang-tua harus keras dan tegas untuk
bertindak, hilangkan rasa kasihan walaupun anak menangis atau
menjerit-jerit.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semua ini berangkat dari pengalaman saya
dengan anak saya yang saat ini berusia 2 tahun 5 bulan, juga masukan dari
orang-orang yang saya jadikan referensi dalam mendidik anak.

Selamat mendidik anak, dan jangan lupa selalu berdoa ke Yang Maha Kuasa.....

ACHMAD ABIMANYU