Pak Hadi, Bayi bapak bukan nakal Pak,

Kalau melihat dari perilakunya bayi Bapak mempunyai kepribadian yang sangat
kuat. Bayi ini dilahirkan memang diprogram oleh Tuhan untuk kelak cakap sekali
dalam memimpin, tidak pernah ragu-ragu dalam mengambil keputusan, Bayi atau
orang dengan kepribadian ini memang sangat menonjol terutama kemampuannya dalam
memimpin orang lain.

Nah kalau kita lihat implikasi pemimpin, kadang-kadang juga mempunyai sisi agak
negatif yaitu: "saya yang memimpin, saya yang bikin aturan! bukan kamu". Nah
disini yang bapak lihat kebetulan adalah sisi negatifnya yaitu mengatur. Kalau
sudah punya mau, there is nothing to stop him/her. pokoknya harus yang dia mau.
Jangan kaget kalau dia tidak mempan diintimidasi/ diancam.

Dilihat dari segi positif , hal itu sangat bagus karena dia sudah belajar untuk
tidak kenal kompromi. Kelak dalam memimpin, kalau A ya A , B ya B, dilihat dari
sisi negatif ya seperti yang bapak lihat sekarang.

Hal ini bisa diperburuk kalau orang tuanya juga ada yang berkepribadian sangat
kuat, biasanya bentrok he he ....  maklum kutubnya  sama biasanya saling menolak
ya.

Jadi Bapak sabar saja ya , nggak apa-apa kok. Nah bagaimana cara kita mendevelop
anugerah bakat ini sehingga tidak jadi merusak?

 Ada sebuah buku yang membahas macam-macam kepribadian anak dengan detil dan
disertai contoh-contoh yang jelas yaitu :      "Personality Plus for Parents"
dikarang oleh Florence Littaeur

Bapak bisa beli di semua toko buku. dan sudah diterjemahkan dalam bahasa
Indonesia.

Okay Pak demikian saran dari saya, selamat membaca dan nanti kita bisa sharing
lagi lebih lanjut.

Winoto