Ibu-ibu dan bapak-bapak,

Saya tidak ingin memperpanjang polemik soal ibu bekerja, tapi tergerak utk
mengomentari 'curhat' dari Mbak Mila - mamanya Chandra dan lain-nya.  Jangan
sedih gitu dong Mbak, banyak kok yang senasib dan sepenanggungan... sebangsa
dan setanah air.

Cerita tentang direktris itu menurut saya terlalu di buat-buat.
Didramatisir.
Memang kejadian seperti itu sangat mungkin terjadi, saya tidak akan membahas
keganjilan2 dalam cerita tsb.

Menurut saya, semua keputusan dan alasan ibu bekerja diluar rumah adalah
unik dalam arti tiap pasangan suami istri punya latar belakang dan
pertimbangan2 spesifik yg berbeda-beda untuk tiap rumah tangga. Orang lain
di luar keluarga hanya bisa menilai dari luar.
Sejuta teori dapat saja dikeluarkan dan diselidiki tentang alasan ibu
bekerja di luar rumah, tetapi hanya rumah tangga yang bersangkutan yang
secara penuh dapat mengerti alasan ibu bekerja.
Memang ada ibu yang bekerja bukan karena terpaksa, itupun harus dihargai.

Pikir juga berapa banyak keluarga yang ibunya full time merawat anak di
rumah, tapi anaknya terjerat narkoba, terlibat tawuran, dan kenakalan2
kriminal lainnya. Saya sendiri lihat bagaimana anak2 yang seringkali
ditinggal ibunya melakukan penilitian keluar negeri/ sekolah lagi tetapi
anak2nya sangat 'well educated'- baik budi pekerti. Ibunya pun tetap
mencurahkan perhatiannnya bagi ilmu pengetahuan dan keluarga.

Soal cukup tidak cukup saya kira bukan satu2nya alasan para ibu bekerja kok.
Jarang sekali orang merasa cukup, karenanya manusia terus mencari-dan
mencari. Nah Mbak Mila dan yang lain2 berbanggalah dan berbahagialah kita
yang masih bisa berusaha mengurus keluarga dengan cara terbaik kita, dengan
pengorbanan dan memohon pimpinanNya. Hanya DIA yang bisa memelihara anak
kita dari bahaya apapun. Serahkan semua kepadaNya. Maut dan bencana tidak
hanya datang kepada keluarga yang ibunya bekerja kok, kita sebagai orang
beriman tentu yakin akan perlindunganNya.

thanks,
rossy