From: Hendri Irawan <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [budaya_tionghua] Re: Manusia Berhak Menjadi Ateis Sekalipun=> Yongde
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Wednesday, September 24, 2008, 4:22 AM

Halo bung Kris Tan, lama tidak bersua.

Jikalau dibandingkan antara filsafat Buddhisme dengan Rujia memang
banyak yang bertentangan. Misalnya konsep selibat dengan konsep bakti
terhadap leluhur mengenai kewajiban untuk meneruskan garis leluhur.

Namun secara sejarah, di kalangan rakyat awam sinkretisme itu terjadi.
Jadi kurang tepat kalo Kris Tan mengatakan tidak dapat digabungkan.
Jangan lupa di rakyat awam berkembang budaya pragmatisme. Yang berguna
dipakai, yang dianggap tidak berguna tidak dipakai. Jadi ada seleksi
dan sinkretisme alami yang berkembang.

Contohnya saja, keluarga Tionghua mengembangkan budi pekerti dan tata
susila Rujia. Anak-anak mereka diberikan pendidikan san zi jing, di zi
gui, sishu wujing. Tetapi mereka juga tidak absen memberikan donasi
kepada bhiksu di vihara. Mengadakan upacara chaodu (pelimpahan jasa)
ke leluhur. Juga kalau mengalami permasalahan yang rumit tidak lupa
meminta tolong jasa tosu misalnya masalah hitung menghitung, masalah
pernafasan dan permasalahan supranatural.

Kalau di tataran elit kaum terpelajar atau yang biasa disebut kaum
Shi, memang Rujia sangat dominan. Tetapi tidak menutup kemungkinan
bahwa mereka juga mendalami filsafat Buddhisme dan Taoisme. Wang Wei
misalnya, sang sastrawan agung ini sangat mendalami filfasat zen
(Chan). Lalu menurut para akademisi, dua buku utama Taoisme (sengaja
tidak sebut nama) sebenarnya adalah kumpulan hasil pemikiran para kaum
terpelajar terhadap Dao.

Kalau yang minimal meniru para kaum terpelajar jaman dulu itu atau
memang menjalani kehidupan seperti mereka, pasti akan mengerti. Saat
matahari bersinar maka tata susila budi pekerti sosial akan
dijalankan. Saat bulan bersinar dan menyendiri di ruang baca maka akan
merenungi kehidupan dan mencari kebenaran agung yaitu Dao itu sendiri.
Hasil-hasil pemikiran akan Dao inilah yang kemudian dikompilasi
menjadi dua buku agung yang kemudian digabung menjadi satu buku sakti.
Dan seperti sifat Dao yang misterius, proses kelahiran buku sakti nan
agung itu juga telah diselimuti oleh legenda dan dongeng.

Hormat saya,

Yongde

-- In budaya_tionghua@ yahoogroups. com, kris tan <confucian_center@ ...>
wrote:

> Kawan kawan minta izin berkomentar sedikit,
>
> Samkau sekarang lebih dikenal sebagai Tridarma, di Indonesia sejak
tahun 1956 teman2 Khonghucu secara organisasi memisahkan diri dari
Samkau karena didalam Samkau ada sedikit keculasan dari teman2
Budhisme yang terlalu dominan sehingga teman2 Khonghucu membentuk
organisasi yang sekarang dikenal dengan Matakin ( Majelis Tinggi Agama
Khonghucu Indonesia)

> secara historis, teologi dll Budhisme bagaikan langit dan bumi
dengan Khonghucu jadi ini jelas2 tidak dapat disatukan/digabungk an
menjadi sebuah bentuk sinkretisme.

> untuk bung Jakson Ang untuk kasus Khonghuc agama atau bukan ialah
hak penganutnya untuk mengklaim agamanya masing2. Anda sebagai orang
yang kaga ngerti tentang Khonghucu jangan sekali2 berkomentar
mengatakan Khonghucu bukan agama. saya peringatkan anda next time
tidak mengulangi hal itu. jika anda masih mengulanginya maka dengan
berat hati saya katakan bahwa agama apapun yang anda peluk sekarang
ini dimata saya bukanlah sebuah agama bahkan mungkin ajaran yg gak
jelas juntrungannya.

> sekian dulu jika ada yang ingin menambah, saya seiap berdiskusi
lebih lanjut

> # Tan

> Dapatkan nama yang Anda sukai!
> Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail. com.