On Wed, 18 Nov 1998, Syafrudin wrote:

> Dokumen semacam GOSIP-nya pemerintah Amerika bisa kita peroleh nggak ?
> kita buat saja semacam itu untuk diajukan ke pemerintah. yang punya jalur
> di departemen, ya ke departemen, yang bisa sampai ke bapennas lebih bagus
> lagi. tentunya juga ke RI-1 lewat RI-net.

Sebetulnya bisa aja .. khan banyak jalan menuju..he.he.he.  tapi kitabisa
bikin dokumen sendiri.. jadi intinya :

- Menyarankan (atau mewajibkan) institusi pemerintah menggunakan
  OpenSource product
- Menyarankan perusahaan mendukung itikad ini..
- Kalau suhu suhu  mau turun gunung saya rasa bisa aja kita buat
  dokumen seperti itu, tapi kembali lagi.. siapa yang bersedia

  (SAYA BERSEDIA...he.he.heh.he.h.eh ).. biar seru pakai
   echo...ya..ya..yaa

> banyak yang memaki, tapi juga banyak yang mendukung.

  Lebih baik dimaki persh asing, daripada dimaki bangsa dewek....

> yang ini usul serius dari saya:
> Pak Made dan rekan - rekan id-linux-erz yang di manca-negara perlu secara
> formal membentuk KPLi manca-negara.

  Hmmm.. usul ini menarik, tapi saya rasakalau kita membentuk secara resmi
  malah kurang "efektif", lebih baik kita jalin kerja sama, dengan LUG
  setempat.  Begitu lho.. sebetulnya saya ingin sekali dapat semacam
  "mandat" (maksudnya ada surat yang bisa saya bawa ke LUG setempat dari
  KPLi. Untuk kerja sama gitu lho.

> nanti dokumen semacam GOSIP atau sekedar Pers Release tentang hal seperti
> ini kita buat saja dikeluarkan oleh Perserikatan Kelompok Pengguna Linux

  Pembuatan dokumen tidak masalah, yang jadi masalah adalah diseminasi,
  promosi dan publikasi.  Pada saat ini "sedikit sekali" media massa yang
  menenngok... ke gerakan seperti ini. 8-(

> yang di manca negara bisa lebih terkordinasi dalam membantu perkembangan
> linux di Indonesia, misalnya kordinasi memulung cdrom dan buku linux untuk
> dikirim ke Indonesia.

  Boleh juga idea ini, kalau memang ada permohonan, saya akan bisa bantu
  kontak ke SuSE, dan LUG di Jerman ... siapa tahu dapat CD gratis, atau
  buku atau dll.

  Tapi satu yang harus kita jaga, kita harus "sharing informasi", jangan
  membatasi hanya kepada "satu institusi", karena di sinilah kesalahan
  masa lampau dalam perkembangan UNIX kita di Indonesia....

I Made Wiryana (0521-106 5328)            Universitas Gunadarma - Indonesia
Rechnernetze und Verteilte Systeme  http://nakula.rvs.uni-bielefeld.de/made
Universitaet Bielelfeld                                   Check my e-zine :
[EMAIL PROTECTED]    http://nakula.rvs.uni-bielefeld.de/majalah