Hello Indra,

Friday, February 4, 2005, 4:11:00 PM, you wrote:

IKH> Hallo *semua*...

IKH> Menyambung kembali topik Biaya Domain .ID yang pernah digulirkan
IKH> dalam milis ini, sebelumnya saya sampaikan banyak terima kasih
IKH> atas beberapa input yang pernah kami terima selama ini.

IKH> Untuk dan atas nama segenap pengurus domain .ID, perkenankan saya
IKH> membahas topik ini, dimana sangat kami harapkan adanya umpan balik
IKH> dari komunitas pengguna domain .ID dalam milis ini.

IKH> Sebagai parameter kalkulasi minimum biaya domain .ID
IKH> yang diproyeksikan untuk tahun 2005 ini ialah:

IKH> I. Biaya Operasional (gross minimum) rata-rata perbulan, yaitu
> [...]

Menurut saya, biaya domain .ID tidak bisa disamakan. Misalnya .co.id
bisa dibuat dengan harga Rp. 100.000 + PPn 10% = Rp. 110.000, - sedangkan
untuk .or.id bisa dibuat dikisaran Rp. 90.000. Saya sangat setuju
kalau .ac.id tersebut digratiskan sedangkan .go.id/.mil.id dibuat pada
kisaran Rp. 90.000.

Intinya jangan diambil nilai terendah tetapi dibuat margin sekitar
0.5-1 % sebagai tambahan cadangan atau dialihkan untuk memperbaiki
kinerja/sistem yang sudah ada.

--
Best regards,
 Kalpin                            mailto:[EMAIL PROTECTED]