> Menurut saya, biaya domain .ID tidak bisa disamakan. Misalnya .co.id
> bisa dibuat dengan harga Rp. 100.000 + PPn 10% = Rp. 110.000,
> - sedangkan
> untuk .or.id bisa dibuat dikisaran Rp. 90.000. Saya sangat setuju
> kalau .ac.id tersebut digratiskan sedangkan .go.id/.mil.id dibuat pada
> kisaran Rp. 90.000.

Wah, gimana ya. Sekarang sih kayaknya udah ngga bisa di "pukul rata" seperti
ini.

Mari kita bicara fakta.

Apa buktinya bahwa perusahaan pemegang domain AC.ID pendapatannya lebih
rendah daripada CO.ID? Masih lebih banyak perusahaan yg bangkrut kok
daripada penyelenggara pendidikan =)

Siapa bilang OR.ID dan WEB.ID hanya dipakai oleh perorangan? Banyak
perusahaan yg pake domain ini, krn susah ngurus CO.ID.

Jadi, sebaiknya AC-CO-OR-NET-WEB disamakan saja biayanya. Lebih bagus lagi
kalo GO.ID dan MIL.ID juga harus bayar biaya yg sama (pemerintah ngga
semiskin itu kok). SCH.ID, kalo memang udah jadi komitmen untuk gratis, ya
silahkan.

Bagaimana dengan domain lain? WAR.NET.ID? Mereka bayar juga kan? Wong omset
mereka bisa lebih besar daripada CO.ID kok.

- irving
http://www.irvingevajoan.com

Kirim email ke