-----Original Message-----
From: Kalpin Erlangga Silaen [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, February 07, 2005 7:59 AM
To: Indra K. Hartono
Cc: idnic@rs.net.id
Subject: Re: [IDNIC] Biaya Domain .ID

Hello Indra,

---- deleted ----
IKH> Terima kasih atensi dan partisipasi anda.

IKH> B. Rgds,
IKH> -Indra K. Hartono

Menurut saya, biaya domain .ID tidak bisa disamakan. Misalnya .co.id
bisa dibuat dengan harga Rp. 100.000 + PPn 10% = Rp. 110.000, - sedangkan
untuk .or.id bisa dibuat dikisaran Rp. 90.000. Saya sangat setuju
kalau .ac.id tersebut digratiskan sedangkan .go.id/.mil.id dibuat pada
kisaran Rp. 90.000.

Intinya jangan diambil nilai terendah tetapi dibuat margin sekitar
0.5-1 % sebagai tambahan cadangan atau dialihkan untuk memperbaiki
kinerja/sistem yang sudah ada.

--
Best regards,
 Kalpin                            mailto:[EMAIL PROTECTED]

Sekedar menambahkan, alangkah baiknya jika ID-NIC memiliki unit bisnis
tersendiri yang dapat menambah pendapatan sehingga biaya operasional tidak
selalu disubsidi / disupport dari penerimaan registrasi domain.
Pertimbangannya adalah kalo hanya mengharapkan dari penerimaan registrasi
domain saja akan sulit untuk maju dan berkembang karena tantangan kedepan
dan persaingan semakin berat.

Mungkin saat ini sudah dilakukan, cuma mungkin masih secara individu.
Alangkah baiknya sekarang dioptimalkan dan saya yakin pasti banyak yang akan
dan siap mendukung, selama itu kompetitif, jelas dan transparan.

Sedangkan soal kisaran besar biaya registrasi sebaiknya bisa segera dibahas
secara formal dan duduk bersama, sehingga hasilnya dapat segera
direalisasikan karena sudah beberapa bulan ini saya perhatikan pembahasan
ini hanya aktif di milis.

Salam.

Awin.

Kirim email ke