Hello Budi,

Thursday, August 15, 2002, 5:51:06 PM, you wrote:

BR> tolong sampaikan apa nama domainnya, siapa penanggung jawab domain
BR> tersebut? lempar ke milis ini juga boleh kok.

mudah2an yg bersangkutan bisa segera melemparkannya di milis, karena
berulangkali katanya tidak berhasil subscribe. saya tdk berhak untuk
menyebutkan karena hanya dimintai tolong, bukan saya yg daftar. hanya
kasus ini kebetulan saya catut sebagai ilustrasi.

BR> nah, kalau ini masalah aliran. kalau resminya sih penggunaan
BR> "reply-to" itu di-discourage. silahkan lihat:
BR> http://garcon.unicom.com/FAQ/reply-to-harmful.html
BR> inilah keputusannya. apakah memang sebaiknya justru "melanggar"
BR> saran? atau bagaimana?

sama sekali tidak demikian. tentu masalah kebijakan keamanan & standar
teknis, IDNIC yg paling berhak menentukan. yg ingin saya sampaikan
adalah, buatlah suatu pentunjuk yg konkret dg anggapan bahwa users ada
pada level yg paling awam. misalnya pada web diberikan penjelasan tata
cara subscribe dan unsubscribe dari milis atau syukur bisa otomatis.
bagaimana mendapatkan help, atau soal setting "reply to" tersebut.

kalau tidak ada penjelasan, bagaimanakah orang bisa tahu ? dalam mail
konfirmasi selalu disertakan saran untuk mengikuti milis, tapi bagai
mana caranya tidak dijelaskan.

BR> mudah-mudahan penjelasan dari saya tidak disalahpahami sebagai
BR> defensif. saya hanya ingin memberi penjelasan dari sisi kami saja.

ok, saya hanya menyampaikan bahwa gaya menjawab IDNIC seringkali
menimbulkan interprestasi semacam itu. itu terjadi berulangkali. jadi
terus terang saya sendiri merasa jengah, mengapa bisa miskomunikasi
berulangkali di milis.

--
Best regards,
 Pataka                            mailto:[EMAIL PROTECTED]