On Thu, Aug 15, 2002 at 08:39:18AM +0100, Mas Tekeq wrote:

> saya tidak paham komentar ini. mengapa sulit sekali
> untuk mengaku bahwa memang sedang terjadi masalah dg
> sistem dan server IDNIC ?

saya rasa ini sudah diketahui dan sudah saya utarakan.
ada masalah. dan nggak masalah dengan mengakui ada masalah.
(he he he kok njlimet kata-katanya.)
masalah di sistem dan server akan selalu ada kan.
tunggu artikel saya dengan judul:
   "upgrade", kata yang paling ditakuti administrator.

saya rasa yang menjadi masalah adalah adanya tuduhan
bahwa idnic *sengaja* memfilter atau menghapus
seseorang secara khusus dari mailing list. itu lho.
nah itu yang kami katakan bahwa itu tidak benar.

> sebagai ilustrasi. saat ini saya menerima keluhan dari
> rekan yg merasa kesulitan mendaftarkan domain .go.id
> karena sampai beberapa waktu tidak ada respon sama
> sekali dari sistem setelah pendaftaran lewat web dan
> fax semua dokumen yg diperlukan. sampai2 datang
> sendiri ke sekretariat IDNIC untuk menanyakan dan
> sayangnya tidak mendapat jawaban memuaskan, karena
> petugas sedang tidak ada di tempat.

kalau seperti ini silahkan lempar di milis saja,
domainnya apa, siapa yang mendaftarkan, siapa yang memberikan
mandat dll.
jika memang layak mendapatkan penggunaan go.id,
mengapa tidak?

seringkali banyak orang yang "nakal" mendaftarkan domain
kemudian ngakali pemdanya :(
(misal, bilang bahwa pendaftaran domain membutuhkan
biaya sekian juta rupiah, gitu. dan dia "blackmail"
si institusi tersebut.)

bukan maksud saya untuk menuduh lho.
tolong sampaikan apa nama domainnya, siapa penanggung
jawab domain tersebut? lempar ke milis ini juga boleh kok.

> ilustrasi lainnya mengenai masalah kasus reply to ke
> sender bukan ke milis yg dialami oleh beberapa orang.

nah, kalau ini masalah aliran.
kalau resminya sih penggunaan "reply-to" itu di-discourage.
silahkan lihat:

http://garcon.unicom.com/FAQ/reply-to-harmful.html

inilah keputusannya. apakah memang sebaiknya justru
"melanggar" saran? atau bagaimana?

> atau kasus tatacara subscribe dan unsubscribe, bagi
> orang yg paham teknis ini mungkin masalah sederhana,
> tapi bagi orang awam tentu merepotkan. dan ini butuh
> penjelasan atau lebih bagus perbaikan sistem supaya
> lebih nyaman bagi semua orang. sayangnya semangat
> untuk melayani hal2 semacam ini kurang diperhatikan
> oleh IDNIC

memang kenyamanan (convenience) berbanding terbalik
dengan keamanan. nah, pada batas mana kita mau ambil
resiko? itu yang sulit menentukan.
untuk komunitas yang besar, pasti akan selalu ada
pro dan kontra. kita mesti paham hal tersebut.
saya nggak masalah dengan pro dan kontra.

sebagai catatan, dalam dokumen-dokumen perjalanan idnic
penekanan pada aspek teknis memang sangat kental.
bahkan, dahulu kalau mau daftar domain harus
mengerti DNS, dig, nslookup dan sejenisnya. he he he.
:-)

> demikian, semoga tidak disalahpahami.

mudah-mudahan penjelasan dari saya tidak disalahpahami
sebagai defensif. saya hanya ingin memberi penjelasan
dari sisi kami saja.

keep them coming.