--- "Indra K. Hartono" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> FYI, kami tidak pernah menghapus siapapun dari
> mailinglist.

saya tidak paham komentar ini. mengapa sulit sekali
untuk mengaku bahwa memang sedang terjadi masalah dg
sistem dan server IDNIC ? dugaan saya saat ini milis
IDNIC bekerja dg sistem backup yg agak obsolote.
sehingga alamat email saya yg terdaftar adalah alamat
lama yg sudah lama pasif. saya yakin memang terjadi
beberapa orang pasti terhapus. kasus ini juga bukan
terjadi sekarang ini saja.

untuk kasus sekarang bahkan pak budi juga sudah
'mengakui' bahwa dirinya pun sempat 'direject' oleh
mesin milis.

saya kira hampir semua orang di milis ini paham
masalah teknis dan bisa sangat memaklumi bila memang
sedang ada masalah. terutama bagi yg awam,
bagaimanapun sebaiknya ada pengumuman terbuka, bahwa
sistem memang sedang ada gangguan. lebih baik lagi
bila ada penjelasan tambahan, kapan akan pulih
kembali, bagaimana bila ada yg terhapus dan
alternatifnya.

paling tidak ini akan meminimalisir suasana salah
paham.
sebagai ilustrasi. saat ini saya menerima keluhan dari
rekan yg merasa kesulitan mendaftarkan domain .go.id
karena sampai beberapa waktu tidak ada respon sama
sekali dari sistem setelah pendaftaran lewat web dan
fax semua dokumen yg diperlukan. sampai2 datang
sendiri ke sekretariat IDNIC untuk menanyakan dan
sayangnya tidak mendapat jawaban memuaskan, karena
petugas sedang tidak ada di tempat.

saya dimintai tolong juga tidak bisa menjawab. karena
tidak pernah ada pemberitahuan resmi kondisi IDNIC
saat ini baik melalui web maupun milis. jadi janganlah
terlalu menyalahkan setiap penanya atau menuduh pada
seorang yg mencoba kritis apabila memang sebenarnya
ada masalah dalam tubuh IDNIC sendiri.

ilustrasi lainnya mengenai masalah kasus reply to ke
sender bukan ke milis yg dialami oleh beberapa orang.
atau kasus tatacara subscribe dan unsubscribe, bagi
orang yg paham teknis ini mungkin masalah sederhana,
tapi bagi orang awam tentu merepotkan. dan ini butuh
penjelasan atau lebih bagus perbaikan sistem supaya
lebih nyaman bagi semua orang. sayangnya semangat
untuk melayani hal2 semacam ini kurang diperhatikan
oleh IDNIC

apapun, teknis maupun administratif. toh komunitas ini
sebenarnya sangat toleran dan memahami kerja volunteer
IDNIC. jadi tidak ada jeleknya mengakui kekurangan.
jangan justru selalu bersikap defensif dg cara
menyerang orang lain, sehingga masalahnya berputar tak
tentu arah. tidak fokus dan menyelesaikan masalah
sebenarnya.

demikian, semoga tidak disalahpahami.