On 2/11/2011 1:49 PM, The Eye In The Sky wrote:

> Anda benar, orang yang seperti itu adalah certified "bloon". Tapi, hukum
> biasanya dibuat agar orang yang 100% bloon pun tetap terlindungi. Sifat
> universalitas hukum tersebut yg menjadikannya tidak bisa mengambil jalan
> seperti yang anda sarankan, karena buat company yang mengedepankan aspek
> legal, dia tidak akan berani menawarkan pro bono employment karena ada
> konsekuensinya nanti. Untuk minimum salary, ini juga meragukan. Setahu saya
> di Indonesia UMR itu berlaku untuk buruh saja. Apakah IT worker punya UMR ini?

Pro-bono employment kan istilah antara calon karyawan dengan perusahaan.
Nah, secara legalnya, ya terserah perusahaan mau diatur seperti apa.

Contohnya UMR, sudah jelas kan, Upah MINIMUM Regional. Artinya, karyawan
mendapatkan upah MINIMUM tertentu per bulan. Tapi kenyataannya, masih
banyak perusahaan yang memainkan hal ini, misalnya:

UMR Rp. 900.000

Gaji Pokok : Rp 500.000
Uang Transport : Rp. 200.000
Uang Makan : Rp. 200.000

Dari sisi UMR, sudah betul kan, karyawan mendapat UMR Rp. 900.000, ngga
melanggar hukum. Tapi, jika karyawan tidak masuk 3 hari, dan di potong
uang makan & transport, jadi < 900 ribu. Nah, perusahaan tetap tidak
bersalah, karena dianggap karyawan harus masuk full untuk dapat UMR.

Padahal _seharusnya_ kalau ikut aturan main, seperti ini:
Gaji Pokok : Rp 900.000
Uang Transport : Rp. 200.000
Uang Makan : Rp. 200.000

Jadi kalaupun tidak masuk 1 bulan (potong uang makan dan transport),
tetap dapat Rp. 900 ribu, karena ini angka minimum.

Salam
Albert