On Friday, February 11, 2011, 8:44:39 AM, Albert Siagian wrote:

> Masa percobaan, magang, kerja praktek, bla bla bla..Itu kan nanti
> internalnya perusahaan, karyawan tersebut mau dimasukkan kategori
> apa, sehingga tidak melanggar UU (tentunya di sepakati kedua pihak).

Kerja praktek, magang, atau semacam itu, bukan sekedar diselesaikan
secara internal perusahaan tapi ada aturan perundangan yang berlaku,
dan salah satu aturan tersebut adalah perusahaan wajib memberi
karyawan upah atas kewajiban karyawan: bekerja. seseorang boleh
dianggap sebagai magang namun harus ada institusional yang menaunginya
(sekolah) dan ada persetujuan dari orang tua (bila dibawah 15 tahun
kalau tidak salah ingat) bila di atas itu dan tidak ada institusional
yang menaungi namanya bukan lagi magang namun training. meski karyawan
berada dalam masa training tapi kewajiban perusahaan tetap melekat.

> Point yang ingin saya kemukakan adalah, untuk yang belum memiliki
> pengalaman kerja, salah satu solusi untuk "ayam dulu atau telur dulu",
> adalah dengan "rugi di depan, untung di belakang".

betul, itu mungkin idealnya, tapi di lapangan idealisme seperti itu
harus sejalan dengan peraturan yang berlaku. Pemanfaatan manusia
sebagai sumber daya umumnya mendapat concern yang cukup besar oleh
perusahaan karena aspek yang ditimbulkannya luas dan sensitif,
sehingga seringkali value yang ditawarkan atas opsi tidak memiliki
keharusan untuk membayarkan gaji selama periode tertentu seringkali
tidak sebanding dengan resiko perusahaan karena tidak ternaungi oleh
payung hukum.

> Hal yang sama sebetulnya terjadi dalam bisnis, they call it "promotion".
> Jika perusahaan mempunyai produk baru, bagaimana cara menarik pelanggan?
> Ya bisa dengan menawarkan harga murah, gratis, bahkan jual rugi, tapi
> kedepannya bisa mendapatkan customer loyal.

itu betul, tapi bisnis adalah bisnis. dalam bisnis tidak semata-mata
aspek murah atau gratis, tapi harus ada aturan yang dan payung hukum
yang jelas untuk mengindari persengketaan dan aspek lain yang mungkin
timbul di kemudian hari yang bisa mengakibatkan perusahaan mengalami
kerugian yang lebih besar dari nilai awal yang ditawarkan.

-Jaimy Azle

"Great new ideas usually come from very small teams...
 don't give up so easily."
      -- John Kaster