On 2/11/2011 7:49 AM, Jaimy Azle wrote:

> Betul, hanya saja peraturan perundangan tidak mengijinkan keistimewaan
> seperti itu sehingga apresiasi yang demikian dari calon karyawan
> sebenarnya tidak lah menarik bagi perusahaan karena tidak sebanding
> dengan resiko yang dihadapi atas pelanggaran terhadap aturan dalam uu
> ketenagakerjaan tersebut.

Masa percobaan, magang, kerja praktek, bla bla bla..Itu kan nanti
internalnya perusahaan, karyawan tersebut mau dimasukkan kategori apa,
sehingga tidak melanggar UU (tentunya di sepakati kedua pihak).

Point yang ingin saya kemukakan adalah, untuk yang belum memiliki
pengalaman kerja, salah satu solusi untuk "ayam dulu atau telur dulu",
adalah dengan "rugi di depan, untung di belakang".

Hal yang sama sebetulnya terjadi dalam bisnis, they call it "promotion".
Jika perusahaan mempunyai produk baru, bagaimana cara menarik pelanggan?
Ya bisa dengan menawarkan harga murah, gratis, bahkan jual rugi, tapi
kedepannya bisa mendapatkan customer loyal.

Salam
Albert