Sedikit saya tambahkan bahwa malaikat yang dimaksud pada hadits
tersebut menurut ulama adalah malaikat pembawa rahmat, jadi tidak
termasuk malaikat Ratib dan Atid. Karena malaikat Ratib dan Atid
akan selalu mendampingi kapanpun dan dimanapun kita berada sekalipun
kita sedang berada di tempat yang penuh maksiat, karena memang sudah
menjadi tugas mereka untuk mencatat segala perbuatan kita yang baik
maupun yang buruk.

Sedangkan gambar yang dilarang itu menurut ulama adalah gambar yang
kemungkinan bisa di agung2kan. Tetapi jika ada perubahan pada gambar
sehingga dapat menghinakan gambar tersebut adalah boleh. Penggunaan
gambar untuk keperluan2 tertentu misalnya seperti yang ada pada
kartu identitas dan sejenisnya juga termasuk kedalam gambar yang
diperbolehkan.

Pada sebuah hadist diceritakan bahwa malaikat Jibril pernah minta
izin untuk masuk ke rumah Nabi, lalu Nabi berkata kepada Jibril:

"Masuklah!" Tetapi Jibril menjawab: "Bagaimana saya masuk, sedang di
dalam rumahmu itu ada korden yang penuh gambar! Tetapi kalau kamu
tetap akan memakainya, maka putuskanlah kepalanya atau potonglah
untuk dibuat bantal atau buatlah tikar." (Riwayat Nasa'i Ban Ibnu
Hibban)

Lalu oleh Aisyah korden tersebut pun dipotong. Karena bentuknya
sudah terhina dan jauh dari gambar yang bisa diagung-agungkan,
kemudian malaikat jibril pun berkenan masuk ke rumah Nabi.

SIlakan dilanjut lagi....

Salam :)

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "dodindra" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
uang,
> baik logam maupun kertas gimana ya,juga Majalah dan Koran,  apa
> malaikat juga gak mau nyambangin kita, itu kan gambarnya mirip
banget
> wong foto cetakan ?
>
> sedikit usil, kalau hadits ini dimaknai "letter leyk", ya gitu
> maknanya, lalu piye malaikat Rotib dan Atid mau bertugas ya ? khan
> malaikat gak mau masuk rumah yang ada gambar/patung ? apa perlu
bawa
> surat dispensasi bertugas ya ? he-he-he.....
> Monggo, yang meyakini secara harafiyyah untuk menjawabnya....

bukankan
> yang disajikan juga dalam bentuk gambar? apakah malaikat juga tidak
> akan masuk ke rumah yang ada televisinya?

DAKWAH
pertentangan dari
Bagaimana

Bukhari)