Waduh Kang, saya juga sudah lupa 10 malaikat itu saha wae nya..?  :)

Disamping 10 malaikat tersebut, seperti yang kita ketahui bahwa
jumlah malaikat ini sangat banyak sekali dan masing2 mempunyai tugas
yang ber-macam2. Ada yang bertugas di alam ruh, dan ada pula yang
bertugas di alam dunia.

Tugas malaikat yang berhubungan dengan alam dunia adalah seperti
malaikat yang mengatur alam semesta, mengirimkan angin, menurunkan
hujan, menggiring awan, menumbuhkan tumbuhan dan berbagai pekerjaan
yang tidak kita ketahui dan tidak dapat dicapai oleh pancaindera
kita.

Kemudian Ada malaikat yang tugasnya mendoakan orang2 mukmin. Ada
malaikat yang ikut mengaminkan bersama orang yang shalat. Ada
malaikat yang selalu turun mendekat dan mendengarkan orang yang
sedang membaca quran. Ada malaikat yang selalu mencari dan hadir di
majelis2 dzikir. Ada malaikat yang selalu menyertai orang2 yang
sedang menuntut ilmu, dan masih banyak lagi lainnya. Sungguh
beruntung orang2 yang disekililing mereka selalu ada malaikat2
bersamanya, karena para malaikat tersebut akan selalu memohonkan
rahmat, mengokohkan pendirian, mengilhamkan kebaikan dan kebenaran
untuk mereka. Malaikat2 inilah yang dimaksud sebagai malaikat2
pembawa rahmat.

Allah berfirman, "Dia (Allah) serta para malaikatnya yang memberikan
rahmat padamu sekalian supaya mengeluarkan kamu sekalian dari
kegelapan kepada cahaya. Tuhan adalah Maha Penyayang kepada kaum
yang beriman" (Q.S. Al-Ahzab:43)

"Ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat, `Sesungguhnya Aku
(Allah) bersama kamu semua, maka perkokohlah pendirian orang-orang
yang beriman.'" (Q.S. Al-Anfal:12)

Diriwayatkan oleh Ibnu Mas'ud, Rasulullah bersabda:  "Setan dapat
menggetarkan hati (mengajak hati) anak Adam (manusia) dan malaikat
pun dapat menggerakkan hati (mengajak hati) pula. Adapun ajakan
setan ialah untuk mengulangi kejahatan dan mendustakan kebenaran,
sedangkan ajakan malaikat ialah mengulangi kebaikan dan mempercayai
kebenaran. Siapa yang menemukan (merasa mendapatkan) sesuatu dari
ajakan malaikat, hendaklah ia mengerti bahwa yang demikian adalah
dari karunia Allah, maka hendaklah memuji Allah swt. Sebaliknya
siapa yang menemukan yang lainnya (yakni ajakan dari setan),
hendaklah memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan."
Selanjutnya beliau membaca ayat yang artinya, "Setan menjanjikan
kemiskinan kepadamu dan menyuruh mengerjakan perbuatan keji sedang
Allah menjanjikan pengampunan dan karunia daripada-Nya kepadamu dan
Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui." (Q.S. Al-
Baqarah:268)

Salam :)

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ramdan <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Kang,
>
> mailaikat pembawa Rahmat ini namanya siapa?
> apakah ada diantara daftar 10 Malaikat yang diajarkan oleh guru2
agama pada
> umumnya?
>
> punten ah, maklum yeuh sdh lupa lagi tugas2 dari 10 Malaikat ini.
>

> salam
> :-)

Penggunaan

40yahoogroups.com>,