2008/5/12 Indra Jaya Piliang <[EMAIL PROTECTED]>:

> Kalau bung kaitkan dengan fiqih keagamaan atau katakahlah dengan Al Qur'an
> dan Hadist, periksalah hukum-hukum adat di Ranah Minang, apakah sahih
> menurut Al Qur'an dan Hadist?

Masalah ini memang termasuk yang dibicarakan di palanta. Hukum adat
Minang (atau adat mana pun) bukan sesuatu yang bebas kritik.

> Saya hanya ingin mengatakan bahwa Negara Republik Indonesia berhak
> melindungi agama apapun, apapun yang disebut agama itu. Tidak bolehlah
> Sikerei di Mentawai dibunuh karena dia beragama Alam.

Dari yang saya lihat di tulisan itu, tidak ada menyebut masalah
membunuh pengikut Ahmadiyyah. Kalau ada, tolong ditunjukkan ke saya.

> Bung tidak tepat menyebut menganut Ahmadiyah adalah kebodohan. Itu sama saja
> dengan bung mengatakan orang yang menganut agama lain juga sebagai
> kebodohan, ....

"Apabila dikatakan kepada mereka: "Berimanlah kamu sebagaimana
orang-orang lain telah beriman", mereka menjawab: "Akan berimankah
kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman?" Ingatlah,
sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh, tetapi mereka tidak
tahu." (QS. al-Baqarah 2:13)

Wabillahit tawfiq.

--
Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)

melalui jalur pribadi
dibanned
- Hindari penggunaan reply utk topik/subjek baru