Coba sampaikan kepada saya yang awam, siapa atau kelompok mana yang disebut
sebagai "diluar Islam" itu? Sudah limabelas abad kaum ulama memperdebatkan
hal ini. Orang Acehpun menyebut orang Minang sebagai "kaphee Padang" alias
kafir Padang. Orang Aceh menyebut orang Indonesia sebagai Hindunesia.

Di kampung saya, ada mesjid besar yang selalu membacakan khotbah Jum'at
dalam bahasa Arab. Di seberang, selalu menggunakan bahasa Indonesia. Di
musholla dekat rumah saya, setiap minggu ada pengajian ibu-ibu. Minggu
kemaren, ceramahnya tentang Pandawa Lima yang dikatakan "jago mengaji,
terutama Arjuna". Setahu saya, ini berasal dari Sunan Kalijaga yang
menjadikan wayang sebagai alat sosialisasi Islam.

Orang Minangpun menyebut nenek moyangnya sebagai Iskandar Zulkarnaen,
sebagaimana orang Aceh. Padahal, dalam sejarah, yang ada adalah Iskandar The
Great dari Macedonia, murid dari Aristoteles. Tambo dan mitos banyak
digunakan sebagai materi atau bahan baku bagi kalangan Muslim, terutama
masyarakat awam. Bouraq digambarkan sebagai kuda yang mempunyai sayap,
tetapi wajahnya perempuan, sebagai tunggangan Nabi Muhammad SAW. Dalam
banyak film Barat, model kuda seperti ini juga masuk dalam teologi mereka.
Seperti apa Bouraq itu, saya belum tahu ada kesepakatan. Yang jelas, kata
ustad-ustad di kampung saya, Bouraq itu adalah binatang. Dan kalau ada
banyak kaum muslimin yang mempercayai itu, apakah ia juga Muslim yang bodoh?
Mempercayai Bouraq itu binatang, lalu dalam imajinasi mereka kepalanya
adalah perempuan cantik, yang membawa Nabi ke "langit", apakah itu
kebodohan?

Tolong jelaskan kepada saya, mana yang Islam yang benar-benar Islam?

Sejak dulu saya percaya bahwa yang dimaksud dengan konsep kaffah dalam Islam
adalah bukan totalitas yang betul-betul total, tetapi yang walaupun hanya
percaya satu saja dalam ajaran Islam dan melaksanakan itu secara total, maka
ia adalah orang beriman. Maka, ketika ada orang membuang duri di jalanan,
sekalipun dia penjahat, dia sudah kaffah untuk konsep membuang duri itu.
Dalam hadist qudsi (saya lupa persisnya), ada kisah tentang pembunuh yang
masuk sorga, sekalipun ia membunuh seratus orang. Juga, ada seorang pelacur
yang masuk sorga, sekalipun ia hanya memberi seekor anjing yang kehausan
setetes air.

ijp