assalamu'alaikum...

pertamo sekali awak minta maaf kepado uda Indra J Piliang, yang meraso namo
beliau ambo catut dalam tulisan ambo terdahulu.kalau memang menyinggung, tolong
ambo diberikan maaf.

tulisan ambo tentang "Lagi-lagi Ahmadiyah: Duh Capek deh", hanya ingin
menyampaikan fakta sejarah tentang pembawa ajaran ahmadiyah itu sendiri yaitu
Mirza Ghulam Ahmad. untuk membuktikan kebenarannya Mirza telah melakukan sumpah
di hadapan kaumuslimin di India bahwa jika ajaran yang ia bawa adalah sesat
maka ia akan dilaknat oleh Allah dengan tanda laknat "kematian". dalam Islam
sumpah seperti ini dinamakan mubahalah.

Mirza telah mencoba untuk menjustifikasi ajarannya dengan cara2 islam juga.
namun, apa hendak dikata "Apakah Kalian akan merasa aman dari azab Allah?",
akhirnya Mirza meninggal 3-5 hari setelah ia mengucapkan sumpahnya itu. jika
Mirza tidak sesat tentu Allah akan memanjangkan umurnya.

ia adalah fakta sejarah yang ingin saya ungkapkan. yang anehnya lagi demi untuk
memuaskan nafsu syahwatnya ketika ingin meminang seorang gadis, namun gadis
tersebut tidak mau, maka dengan marahnya Mirza mengeluarkan firman "bahwa gadis
tersebut dan keluarga akan dimurkai oleh Allah". apa artinya, Mirza telah
melakukan "Pemanfaatan Agama untuk kepentingan dirinya sendiri".

saya tidak akan memperpanjang hal ini.

perbincangan yang menjadi panas di milis ini terkait Ahmadiyah, menurut saya
dapat kita pilah menjadi beberapa bagian:
1. Status Ahmadiyah dalam tinjauan Islam (karena Ahmadiyah menyandarkan
ajarannya kepada Islam).
2. Bentuk negara Indonesia. jika memang negara Indonesia bukan negara agama
terus negara apa?? apakah negara sekuler?? kemudian dimanakah letak sila
Ketuhanan Yang Maha Esa dalam struktur konstitusi kita?? kenapa di Indonesia
dilarang penyebaran ajaran ateis??
3. Apakah yang dimaksud dengan hak asasi manusia?? apakah dengan dalil ham,
agama boleh saya diinjak-injak??
4. Terkait dengan kekerasan yang terurai dalam sejarah agama-agama di dunia,
apakah memang itu perang agama, ataukah tak lebih dari pengaruh sosial
politik??  kalau lebih kita kontekskan lagi dalam Islam, apakah Islam dalam
peperangannya hendak membasmi umat manusia atau yang lain??
5. setiap agama punya pengalaman dengan peperangan. setiap ideologi juga penuh
dengan darah. dan setiap diktator (termasuk Alexander the great, yang diklaim
sebagai nenek moyang orang minang) mempertahankan kekuasaannya tak lepas dari
jatuhnya korban. apakah ada ideologi yang suci dan tanpa dosa ini?? tidak
ada...jadi yang menjadi parameter adalah manakah di antara ideologi dan agama
tersebut yang lebih santun dalam peperangan yang dilakukannya??

Terkait dengan kepercayaan primitif, saya tidak hendak mengemukakan pendapat.
karena saya tidak punya otoritas di sana. akhirnya saya hanya ingin
menyampaikan. filsafat memang lahir dari keraguan. namun, seorang filsuf terus
melakukan pencarian dan tidak membiarkan dirinya terus ragu. biasanya mereka
mencapai titik kepastian dan itulah yang akhirya mereka ajarkan kepada kepada
murid2nya...salah satunya contohnya adalah Plato. Plato bahkan mengatakan
dirinya adalah orang yang tahu tentang sesuatu. Descartes, pada saat masa
skeptisnya ia sampai pada keraguan akan dirinya sendiri. tapi ia tidak terus
larut, sampai akhirnya ia menemukan satu kepastian. bahwa saya tahu bahwa saya
sedang berpikir (cogito ergo sum)..

bukankah seharusnya orang yang bijaksana itu, menyampaikan kebenaran yang ia
yakini kepada orang-orang yang ia anggap bodoh dan sesat. bukan malah enggan
untuk meluruskannya???

demikian dulu uraian dari saya. terima kasih kepada uda-uda yang telah
memberikan saya kesempatan untuk belajar di forum ini.

Hormat saya....

Anggun Gunawan (23th-Male)
filsafat UGM
http://grelovejogja.wordpress.com

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo!
Answers
melalui jalur pribadi
dibanned
- Hindari penggunaan reply utk topik/subjek baru