--- In rantau...@yahoogroups.com, MEDYA AGUSTINA <meddy....@...> wrote:

> Assalamualaikum WW,

> Kalaau buliah tau apak alumni ASKI juo kah atau malah kawan
> papa dulu? Namo papa Medy Mahyuzir alias Richad ,terakhir papa dinas di Kasi
> Kebudayaan Kabupaten Agam.

Wa'laikumussalam .w.w. Nanda Medy

Padangpanjang itu kecil, tetapi karena  perbedaan usia yang cukup lebar; saya
tahun 1959 sudah tamat SMP,  saya tidak sempat mengenal dan bergaul dengan papa
Medy alm (semoga Allah SWT menempatkan beliau di tempat yang lapang di
sisi-Nya).

Saya bukan alumnus ASKI,  walaupun rasanya senang juga kalau bisa. Tetapi
agaknya sulit juga karena bakat musik saya hanya `pas-pasan' :). Namun gagasan
masuk ASKI tidak terpikirkan sewaktu hendak melanjutkan sekolah ke Jakarta
setelah tamat SMP, karena ketika itu ASKI Padangpanjang belum ada. Tetapi akar
utama tidak ingin bersekolah di SMA Padangpanjang, karena saya khawatir karena
asyik dan keenakan (bauru-uru) main musik sekolah jadi lalai dan akhirnya tidak
sampai.

Waktu itu main musik hanya memang untuk musik. Kalau rekaman ke RRI Bukittinggi
kami biasanya naik truk bak terbuka Ayahnya Kuzul yang bekerja di Dinas PU.
Dan senang banget rasanya mejeng sambil melambaikan tangan ka anak gadih urang
nan tampak di tapi jalan :). Kalau beliau tidak ada dinas ke Bukittinggi atau
kalau hari hujan, saya minta uang Rp50 ke Bapak untuk ongkos saya dan
teman-teman. Honor main sebulan Rp120 :) habis buat makan-makan. Kami juga
beberapa kali diajak mengisi acara kesenian yang diselenggarakan oleh
organisasi mantel PKI Pemuda Rakyat yang ketika itu sedang "di atas angin".

Dari rombongan penari termasuk Nelvitis (ibunda salah seorang Putri Indonesia
beberapa tahun silam) asuhan kak Un. Bukan apa-apa, ayahnya Tis ketika itu
berada di hutan (ikut PRRI), sehingga dia sulit  menolak. Kami dulu antara lain
pernah manggung selama dua hari di Pariaman dan dapat sambutan meriah. Tis
adalah penari berbakat anak didik Kak Un, yang setelah pindah ke Jakarta sering
menari di istana Presiden. Tis berasal dari Koto Laweh yang perempuannya
manis-manis dan berkulit putih yang agak berbeda dengan orang Padangpanjang
umumnya, yang saya tidak tahu mengapa. Di pantai Barat Aceh, tidak jauh di
Selatan  Banda Aceh (saya pernah lewat di sana tahun 2007, tetapi sudah  tidak
ingat nama tempatnya), perempuannya banyak yang berkulit putih dan bermata
biru. Tetapi sebabnya jelas, orang tua mereka `blasteran' Potugis.

Di Padangpanjang sendiri sering diadakan acara kesenian di Gedung Kebudayaan.
Saya merasa sedih yang tidak jelas sebabnya, ketika mengetahui gedung yang
sangat bersejarah itu diganti namamya dengan `Balai Budaya'. Atau barang kali
saya saja yang `lebay'.

O ya, suku Medy guci ya? Itu suku bako saya. Kami tinggal di Bukitsurungan di
bawah bak aie sebelum Surau bawah karambie yang sekarang sudah jadi musajik
itu. Surau itu surau urang guci. Rumah mama Medy di mana? Jangan-jangan
ayahanda saya alm yang semasa hidupnya bergelar Dt Bandaro nan Bauban dulu juga
penghulunya nenek Medy.

Sekian, Wassalam, HDB-SBK (67-)
Asal Padangpanjang, tinggal di Depok, Jawa Barat