Kemarin sempet ketemu dekat doktorat yang studi di paris  yang ikutan
sidang WTO,
negara dunia ketiga ( third development country) mereka punya minta
deal dengan negara barat yang notabene  sudah maju untuk membajak
semua teknologi dan ilmu pengetahuan mereka. dan ancamannya kalau
merek ngga di ijinkan membajak mereka ngga akan suply kapas dan
pisang, diantara barang yang berhak mereka bajak termasuk buku....

Kalau kita ngga bisa deal dengan penerbit penguin group or what ever,
kenpa ngga di bajak aja spt yang di lakukan hardy..... itu di legalkan
saja....  dari pada munafik,  saya cukup sedih dengan kepedulian
pemerintah indonesia mengenai soal buku murah. pengalaman saya waktu
tahun lalu di KL buku-2 di Kinokuniya itu cukup murah  karena ada
subsidi dari pemerintah malaysia, kemudian kalau mahasiswa kalau di
beli text boox dan menunjukan kartu mahasiswa harganya di discount
pula.

saya fikir di china yang namanya bajak membajak sudah biasa,  kenapa
kita ngga belajar dari cina, atau india....... dari pada menunggu
pemerintah yang jelas belum perduli dengan pendidikan yang murah,  di
Paris sini ( mungkin di negara lain juga sama, kecuali di Indonesia),
yang namanya mahasiswa itu nikmatnya luar biasa,  mau nonton, makan di
MC Donnald atau Quick (MC D francais) atau beli buku dapat discount
selama tunjukin kartu mahasiswa, sedangkan mahasiswa kita di
indo...... rasanya masih jauh dari kenikmatan spt itu.

Regards

Adjie

Kirim email ke