Trimakasih Pak Ary.
Itulah karena saya nggak pernah tahu kalo Pak HMNA, Pak Suryawan juga
dimoderasi.
Saya juga gak tahu kalo perbincangan mengenai Ahmadiyah tidak dilanjutkan.
:-(

Untuk klarifikasi saja saya tahu Pak Satriyo dan Pak Jano ko dimoderasi bermula
dari
Pak Satriyo. Ia tidak memberitahu masalah/sebab apa di moderasi.
Setahu saya sih 'gaya' komunikasi Pak Satriyo di mail memang demikian.
Di dunia nyata ya agak2 mirip : terbuka, blak2-an ;-)
[ Akhirnya kami sudah saling ngomong2 bahwa apapun yg kita lakukan di mail
seringnya disalah mengerti]

Ya ibarat omongan orang suku Batak kebanyakan yg keras [ baik suara, intonasi
maupun ungkapannya] sering
disalah pahami oleh orang2 yg tidak 'kenal'. Dianggap kasar, tidak santun dan
selalu provokatif.
Dimanapun berada dalam situasi apapun. Mohon maaf bagi yg bersuku Batak.
:-)
Saya tidak bermaksud membela Pak Satriyo atau Pak Jano ko misalnya.
Hanya saja yg saya maksudkan bahwa untuk urusan moderasi hendaknya juga punya
'standar' yg baku :-)
Seperti Aisha katakan [ barusan saya baca mailnya] perbincangan mengenai agama
[ yg saya pahami ; perdebatan]
hendaknya dilakukan di milis yg memang khusus untuk itu.
Setahu saya , milisnya Pak Radityo yg saya juga ikut nimbrung disana.
Diskusiannya, saling menghujat memang lebih panas membara [ ini tentang Islam
vs Kristen]. Apakah kemudian saling bantah membantah itu menimbulkan 'sakit
hati', dimoderasi?

Namanya milis kan semangatnya ngomong perbedaan, kalo ngomong yg seragam, sama
sependapat; ya milisnya ndak hidup.
Jadi kalo di WM ada 'yg seru' tentang yg berbeda apakah tidak boleh?
Ini kan melatih kesabaran :-), tak ada sebab tak ada akibat.
Ya cuekin saja, lama2 kan akan bosan sendiri ngirim artikel nggak ditanggapi
misalnya :-)

Duluuuu pernah di WM ada member yg ngomongnya aneh.
Saya juga merasa sakit hati karena ia bawa2 masalah pribadi, menghina ortu saya.
Lha kan ortu saya gak ikut milisan, gak fairlah kalo ia bawa2 ortu untuk
dikritik.
Saya juga cuma ngomel2 tapi kayaknya tidak menyarankan ia untuk dimoderasi.
[ Akhirnya kan ybs juga dengan japri minta2 maaf berulang kali ]

Salam
l.meilany