Temans2, saya pernah bilang 'gaya autisnya' Janoko.  Ini adalah
semacam euphemism, untuk diskusinya yang nggak nyambung.  Euphemism
itu menghaluskan kata/istilah, bukannya ejekan. Kalau pun jadi
terbaca semacam ejekan, yah itu nggak terhindarkan.

Autis sendiri adalah kondisi lahir, apa adanya, dan itu 'sempurna'
adanya, sebagai ciptaan Allah.  Wa bil khusus, ini penjelasan untuk
ibu yang menjapri mba Mei, yang ditujukan ke saya.

Balik ke Pak Janoko, istilah autis untuk blio adalah istilah halus
untuk yang lain. Dulu kan pernah dibahas. Rentetan postingan janoko
kalau disimak adalah 'semacam kekerasan' akibat nggak mampu ber-
empati, yang biasanya berbentuk character assasination dan thread
jacking.

Kita bisa terbebas dari kondisi lack of empathy ini dengan melatih
diri ketika solat. Apa gunanya kita solat 5 kali sehari kalau itu
nggak diperuntukkan mencairkan ego kita? Khususnya kepada pak Janoko,
dulu pernah saya anjurkan untuk membatasi dari me-reply postingan
orang, tapi sebaiknya lebih sering menulis buah pikiran sendiri dulu
ttg suatu subyek, utk melatih diri sendiri.

salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Herni Sri Nurbayanti"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kata "autis" saat ini memang mulai sering digunakan utk "mengejek"
> orang. Saya termasuk salah satunya :-) Teman2 suka bilang, saya ini
> autis. Kata "autis" dalam konteks ini biasanya merujuk pada orang yg
> tidak peduli dng orang lain. Dlm konteks pak jan, mungkin tidak mau
> mendengar orang lain dalam berdiskusi. Ini terkait dng etika
> berdiskusi. Diskusi kan harus 2 arah, yg gak akan jalan kalau
masing2
> pihak tidak SALING "mendengarkan".

> saya baru baca di bawah ini
> maaf baru hari ini saya sampaikan.
> [...]