From: venayaksa80 <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: Bls: [WongBanten] Kritik Untuk Radar Banten dan ibnu
To: WongBanten@yahoogroups.com
Date: Monday, November 17, 2008, 12:44 AM

            saya sepakat dengan Boni, Nu. Referensi kamu kan banyak. coba nulis
di

koran nasional dong kalau emang koran lokal tak berkelas. Radar banten

terlalu sempit. dengan kemampuanmu harusnya bisa membincangkan banyak

hal. cuma saya kira ente lebih banyak bicara tentang keilmuanmu supaya

kadar akademikmu terpakai ketika di Belanda. menyoal sastra, saya kira

tulisanmu cukup menarik, tapi itu baru persoalan referensi belum pada

esensi. jangan pake teori pramuka, semua bisa tapi surface structure

doang.

Boni sebagai sejarawan, tampaknya orang tak akan menyangsikan. gola

gong sebagai sastrawan, itu juga bisa dibuktikan. begitupun dengan wan

anwar yang kritikus sastra misalnya. mungkin maksud Abdul malik dengan

"usia mudamu" itu mengajakmu supaya menjaga relasi, karena dia tahu

anak muda kayak kita senang berpolemik. toh kamu juga pernah "berguru"

sekecil apapun limu yang dirimu dapat dari Abdul Malik.

waktu Prof Nina Lubis datang ke banten minggu lalu, aku sengaja sms

kamu supaya kamu hajar dia. kamu kan di sebuah seminar pernah

mengatakan bahwa tulisan nina kagak beres. tapi sayang malah mahdi

yang curi adegan dan kamu hanya diam.

Mengenai persoalan dengan Radar banten, ayo kita selesaikan. kita

datang ke radar dan kita diskusi sampai mampus di sana. aku kawanmu,

abdul malik juga. Kita sama-sama berproses di Rumah Dunia. jangan

seperti inilah...kita kan di serang. dekat sekali. kenapa tidak kita

coba mulai hal yang bisa kita lakukan. kalau hanya menulis di sini,

banyak orang yang tak terlampau mahfum dengan persoalan, lantas

berteriak kesana kemari. mengenai Radar, aku juga punya banyak unek2.

nah sebaiknya memang harus tetap dimulai dari silaturahmi. atau kalau

mau hajar2an di ruang publik, jumat ini ada diskusi pers dan sastra di

rumah dunia jam 15.30. dirimu bisa katakan tentang persoalan ini.

semoga abdul malik bisa jadi pembicara.

jangan persepsikan aneh tulisanku ya, kawan. hanya urun saran saja.

Tx.

Firman Venayaksa

--- In [EMAIL PROTECTED] ups.com, Boni Triyana <boni_triyana@ ...>

wrote:

> Bung Ibnu yang muda,

> Jawaban dari kekisruhan ini: SABAR.

> Ada sekian banyak koran di Indonesia, bukan cuma Radar Banten. Tokh

Anda bisa menulis di Kompas, Koran Tempo, Suara Pembaruan atau koran

manapun yang sekiranya pas untuk Anda dan tulisan Anda.

> Jadi, bersabarlah dalam menghadapi suatu perkara.Masih muda emang

darah mendidih terus, hantam sini, hantam sana... tapi bersabarlah.

Tulisan Anda tidak kurang bagusnya kalau bisa dimuat di harian kaliber

nasional.

> Tabik,

> Bonnie Triyana

malik yang kepdanya saya cc-kan e-mail kiritikan radar banten. saya

tanya apakah e-mail saya sudah dia baca. di jawab, sudah. itu bagus

kritikan kepada radar banten, katanya. namun demikian dia juga

mengingatkan saya bahwa kritikan saya menyebarkan kebencian. saya,

katanya masih terlalu muda. saya harus menerima konsekwensinya. dia

tidak menyebutkan konsekwensi apa.

> saya sampaikan, saya sudah mempertimbangakan semuanya.

> saat radar banten menghapus data di tulisan saya, saya melihat radar

banten sedang kehilangan kendali. sedang bingung. radar banten

sebetulnya konfliknya dengan fajar banten. dulu abdul malik menjadi

pembicra. namun dalam berita fajar banten, nama abdul malik tidak

disebutkan. dalam hal ini, kelakuan fajar banten sama bodohnya (dengan

apa yang dilakukan radar banten ke saya).

> di mana letak kebingungan radar banten? yaitu di dalam

mengindentifikasi musuh. saya dan ilmu pengetahuan adalah pihak yang

berada di luar lingkaran radar dan fajar. kasus ini mirip dengan

kelakukan USA. mellaui Yahoo, USA menghilangkan nama Iran di formulir

pembuatan e-mail yahoo. nama iran, fajar, dan abdul malik, bukan cuma

urusan mereka yang bertikai. nama-nama itu milik banyak pihak di luar

mereka. ilmu pengetahuan cakupannya lebih besar ketimbang sekedar

fajar, radar, abdul malik, dan radar banten.

> ketika mereka menarik ilmu pengetahuan ke wilayah yang sangat sempit

(kompetisi bisnis), mereka sudah berlaku angkuh, merasa berkuasa.

dalam sejarah apapun, ketika kekuasaan terlibat, ceritanya hampir

selalu buruk: sejarah agama dan ilmu pengetahuan di Itali lewat

lembaga gereja bernama inkuisisi, sejarah awal islam, dll.

> dalam sejarah inkusisi di itali, ilmu pengetahuan disensor gereja.

yang tidak sejalan dengan iman gereja, penulisnya diwajibkan bertobat.

bila tidak, mereka harus dibunuh. banyak para ilmuwan yang mati pada

periode ini, yang kemudian disebut sebagai periode kegelapan (dark

age), yaitu berkisar antara tahun 500-1000M.

> dalam kasus radar banten. radar banten sudah menempatkan diri pada

wilayah kekuasaan. semua tulisan yang tidak sesuai dengan "iman"nya,

diharuskan bertobat. cara pertobatannya yaitu dengan membuang dosa-

dosa ilmu pengetahuan, di antaranya berupa kata "fajar banten". oh,

kasihan kebetul. di zaman ilmu pengetahuan masih ada pihak yang

memilih hidup di zaman kegelapan.

> abdul malik bilang saya terlalu muda (untuk mengkritik radar

banten). hidup saya masih panjang, katanya. saya justeru merasa hidup

saya sudah teramat tua, sudah 26 tahun. banyak hal yang terlambat

dalam hidup saya. De Houtman pemimpin pelayaran pertama dari belanda

abad 16, masih berumur 20 tahun. as-syuyuti menulis buku kritik

terhadap logika yunani umur 18 tahun! ini bukan buku fiksi yang bisa

dihasilkan dari mengkhayal. sahabat nabi memimpin perang pada umur

belasan tahun. tokoh2 indonesia awal jadi pemimpin pada umur yang

teramat muda.

> jadi, bila saya memilih untuk tidak menyertakan data yang tidak

diminati oleh radar banten di tulisn saya dan tidak melakukan kritik

terhadap radar banten, hanya karena sebuah konsekwensi (mungkin

didaftarhitamkan) , hanya karena takut tidak mendapatkan uang 70 ribu

rupiah, lalu di mana letak kemanusiaan saya? karena itu, apa yang

dilakukan radar banten dengan menarik sesuatu yang besar (ilmu

pengetahuan) ke dalam kotak sempit (kompetisi bisnis), merupakan

tindakan kekuasaan yang tidak adakan pernah sukses. tak ada cerita

seekor gajah bisa diloloskan ke lubang jarum.

> salam

> ibnu aa

> 2008/11/12 halim hd <[EMAIL PROTECTED] com>

> gejala kian rusaknya bukan hanya secara teknis jurnalisme, tapi

lebih dari itu, jurnalisme sekarang kian buruk lantaran hanya mengejar

pasar. makanya, salah satu untuk menghentikan pasar adalah boikot.

sebab, maaf yang mereka sampaikan, jika mereka lakukan, juga sekedar

lip service. bahkan ada kecendeerungan media tidak menyampaikannya

karena merasa berkuasa.

wrote:

> From: Erwina Yunarti <erwina_yunarti@ yahoo.co. id>

> Subject: Bls: [WongBanten] Kritik Untuk Radar Banten

> To: [EMAIL PROTECTED] ups.com

> Date: Tuesday, November 11, 2008, 4:46 PM

>             kang....minta merka tulis dikolom yang besar

> atas permintaan maaf..... jangan di boikot dong

> Salam kenal dari saya Ir Erwina Yunarti

> Dari: halim hd <[EMAIL PROTECTED] com>

lama bis ajalan, seiring dengan kecerdasan warga.

wrote:

> From: Setiadji Achmad <setiadji.achmad@ yahoo.com>

> Subject: Re: [WongBanten] Kritik Untuk Radar Banten

> To: [EMAIL PROTECTED] ups.com

> Date: Monday, November 10, 2008, 11:00 AM

>             kalo yg ngeboikotnya yg merasa dirugikan,kayaknya gak

ngaruh,damai saja,dan koran menulis permohonan maaf atas kesengajaan

menghilangkan unsur penting dalam artikel yg disajikan... .

[EMAIL PROTECTED] ups.com, "abdulmalik" <kangdoel2002@

>  yahoo.com>

> Date: Sunday, November 9, 2008, 4:14 PM

>             Assalamu'alaikum,

> E-mail ini adalah kritik saya terhadap Radar Banten yang saya cc-kan

ke Banten Raya Post, Abdul Malik Radar Banten, dan Milis Wongbanten.

> Hari minggu kemarin, 11 November, tulisan saya yang berjudul

Menelusuri Kesusasteraan Banten dimuat Radar Banten. Sebagaimana

tampak dari judul tulisan itu, tulisan saya ini membicarakan tentang

kesusasteraan Banten, termasuk di dalamnya novel2 indo-cina yang

terbit di rangkasbitung dan di koran-koran banten dari masa kolonial

hingga sekarang. Ada satu hal yang saya sangat sesalkan atas tindakan

yang dilakukan (editor) Radar Banten yang telah menghapus nama "Fajar

Banten" di dalam tulisan saya. Dan itu, bagi saya adalah tindakan

bodoh dan membodohi publik.

> Bahwa Fajar Banten adalah saingan bisnis Radar Banten, itu silahkan.

Itu urusan bisnis Radar Banten. Tetapi Radar Banten (juga media massa

lainnya) tidak boleh membawa masalah bisnis itu ke ruang ilmu

pengetahuan. Dalam konteks pemuatan tulisan saya, Radar Banten tidak

boleh membuang nama "Fajar Banten" sebagai kenyataan/fakta sejarah.

Nama itu tidak boleh dibuang hanya karena Fajar Banten saingan bisnis

atau merasa tidak suka keada pengelola Fajar Banten. Islam

mengajarkan, janganlah berlaku tidak adil karena kita benci kepada

orang lain. Sebagai contoh, sekalipun saya tidak suka kepada atut,

saya harus tetap menyebut nama atut saat saya menulis sejarah gubernur

banten.

> Selama ini saya memaklumi tulisan berita di radar banten acak-

acakan. Berita-berita yang muncul di sana mencerminkan bahwa pengelola

koran tersebut tidak paham tatabahasa indonesia atau tidak mau

menggunakan pengetahuannya tentang tatabahasa indonesia. Sekali lagi,

itu saya maklumi. Tetapi ketika editor koran sudah membuang data

sejarah, saya atas nama ilmu pengetahuan menyatakan protes.

@rocketmail. br>

@rocketmail.

> Hurry before someone else does!

> http://mail. promotions. yahoo.com/ newdomains/ aa/