belum satu minggu yang lalu saya bertemu dengan abdul malik yang kepdanya
saya cc-kan e-mail kiritikan radar banten. saya tanya apakah e-mail saya
sudah dia baca. di jawab, sudah. itu bagus kritikan kepada radar banten,
katanya. namun demikian dia juga mengingatkan saya bahwa kritikan saya
menyebarkan kebencian. saya, katanya masih terlalu muda. saya harus menerima
konsekwensinya. dia tidak menyebutkan konsekwensi apa.

saya sampaikan, saya sudah mempertimbangakan semuanya.

saat radar banten menghapus data di tulisan saya, saya melihat radar banten
sedang kehilangan kendali. sedang bingung. radar banten sebetulnya
konfliknya dengan fajar banten. dulu abdul malik menjadi pembicra. namun
dalam berita fajar banten, nama abdul malik tidak disebutkan. dalam hal ini,
kelakuan fajar banten sama bodohnya (dengan apa yang dilakukan radar banten
ke saya).

di mana letak kebingungan radar banten? yaitu di dalam mengindentifikasi
musuh. saya dan ilmu pengetahuan adalah pihak yang berada di luar lingkaran
radar dan fajar. kasus ini mirip dengan kelakukan USA. mellaui Yahoo, USA
menghilangkan nama Iran di formulir pembuatan e-mail yahoo. nama iran,
fajar, dan abdul malik, bukan cuma urusan mereka yang bertikai. nama-nama
itu milik banyak pihak di luar mereka. ilmu pengetahuan cakupannya lebih
besar ketimbang sekedar fajar, radar, abdul malik, dan radar banten.

ketika mereka menarik ilmu pengetahuan ke wilayah yang sangat sempit
(kompetisi bisnis), mereka sudah berlaku angkuh, merasa berkuasa. dalam
sejarah apapun, ketika kekuasaan terlibat, ceritanya hampir selalu buruk:
sejarah agama dan ilmu pengetahuan di Itali lewat lembaga gereja bernama
inkuisisi, sejarah awal islam, dll.

dalam sejarah inkusisi di itali, ilmu pengetahuan disensor gereja. yang
tidak sejalan dengan iman gereja, penulisnya diwajibkan bertobat. bila
tidak, mereka harus dibunuh. banyak para ilmuwan yang mati pada periode ini,
yang kemudian disebut sebagai periode kegelapan (dark age), yaitu berkisar
antara tahun 500-1000M.

dalam kasus radar banten. radar banten sudah menempatkan diri pada wilayah
kekuasaan. semua tulisan yang tidak sesuai dengan "iman"nya, diharuskan
bertobat. cara pertobatannya yaitu dengan membuang dosa-dosa ilmu
pengetahuan, di antaranya berupa kata "fajar banten". oh, kasihan kebetul.
di zaman ilmu pengetahuan masih ada pihak yang memilih hidup di zaman
kegelapan.

abdul malik bilang saya terlalu muda (untuk mengkritik radar banten). hidup
saya masih panjang, katanya. saya justeru merasa hidup saya sudah teramat
tua, sudah 26 tahun. banyak hal yang terlambat dalam hidup saya. De Houtman
pemimpin pelayaran pertama dari belanda abad 16, masih berumur 20 tahun.
as-syuyuti menulis buku kritik terhadap logika yunani umur 18 tahun! ini
bukan buku fiksi yang bisa dihasilkan dari mengkhayal. sahabat nabi memimpin
perang pada umur belasan tahun. tokoh2 indonesia awal jadi pemimpin pada
umur yang teramat muda.

jadi, bila saya memilih untuk tidak menyertakan data yang tidak diminati
oleh radar banten di tulisn saya dan tidak melakukan kritik terhadap radar
banten, hanya karena sebuah konsekwensi (mungkin didaftarhitamkan), hanya
karena takut tidak mendapatkan uang 70 ribu rupiah, lalu di mana letak
kemanusiaan saya? karena itu, apa yang dilakukan radar banten dengan menarik
sesuatu yang besar (ilmu pengetahuan) ke dalam kotak sempit (kompetisi
bisnis), merupakan tindakan kekuasaan yang tidak adakan pernah sukses. tak
ada cerita seekor gajah bisa diloloskan ke lubang jarum.

salam
ibnu aa

--
Salam hangat,