Dear netter,

Sepertinya kalau bicara soal pembantu, kayaknya nggak ada habisnya.
Soalnya mereka2 ini orang terdekat dengan buah hati kita selama para ortu
bekerja.
Walaupun ada nenek, oma atau tentenya.

Saya sendiri sekarang masih agak bersedih dengan mudiknya pembantu saya yg
dulu.

4 bulan lalu pembantu kami mudik dengan alasan mau menikah. Saya sih percaya

soalnya anaknya jujur, sampai2 dia bela-belaain interlokal dari Lampung ke
Bandung,
Jakarta berulang krn ingin bener2 minta maaf dan pamit nggak bisa balik
lagi.
 3 thn sebelumnya saya juga punya pembantu asli org Ngawi.
Ada beberapa tips merawat mereka supaya betah dan cocok dgn keluarga kita :
Biasanya 1 bln pertama, saya & suami terang2an mengorientasi mereka.
Mulai dari kejujuran, cara2 merapihkan rumah, keimanan mereka sesuai agama.
Dan saya juga tidak segan menegur berulang2 (sampe bosen kali).

Krn  kami juga ingin mengekspresikan diri kami sesungguhnya.
Tapi kami berusaha tidak membedakan dalam soal makanan, perhatian kesehatan,
menanyakan famili dan alamat terdekat teman2nya.
Pada umumya dlm 1-2 bln pertama ini, akan terlihat bahwa mereka akan betah
atau tidak.
Kalau terlihat malas2an kami langsung membicarakan bahwa kayaknya kita nggak
bisa kerjasama.
Dan dia boleh pulang. Dgn resiko kami hrs ngungsi ke ortu atau tunggu
pengganti baru.
Selebihnya, yah mereka kita kami anggap keluarga dan temen.
Banyak tetangga kami yg memuji cara ia mengasuh anak kami, ada yg nawarin
pindah segala.

Yang lucunya, temen2nya sekarang gigih mencarikan pembantu satu lagi utk
kami.
Pertama krn saya yg minta, kedua mereka juga merasa dekat dgn keluarga kami.
Sampai2 ada yg ingin mutasi kerja ke tempat saya (nggak GeEr loh). Cuman
tarifnya itu .... rek. bisa merusak pasaran.
Yah ... begitulah sharing saya. Mudah2 ada manfaatnya

Mama Wia