Mbak Stella dan ibu2/bapak2 lainnya,

saya punya eks-pembantu dan suster yg. 'baru' 1x periode pulang Lebaran.
Dua-duanya nol jam terbang. Untungnya, mereka belum 'aneh-aneh', dan
kita bisa membentuk mereka lebih leluasa. Kerugiannya, kita harus banyak
sekali terlibat pada awalnya. Pembantu saya malah belum bisa masak sama
sekali. Saya dapat dari bude-nya, yang kerja di sepupu saya. Sayangnya,
dia tidak kembali lagi, karena mau dinikahkan saja sama ortunya (kata
bude-nya begitu). Padahal dia sendiri pingin kembali, dan katanya nanti
kumpul2 duit buat sekolah utk. jadi baby-sitter.
Penggantinya bibi yang sekampung dengan baby sitter saya. Belum teruji
apa nanti sesudah libur lebaran bakal balik lagi atau tidak.

Suster saya orangnya jempolan. 'Fresh graduate', tapi bisa dipercaya
dalam menangani sesuatu. Cepat belajar, dan waktu pulang lebaran
kemarin, dia tidak keberatan pulang lebih awal dari janji semula. Malah
dia nanya, gimana Dik Ella, apa baik-baik saja ? Dan dia juga berkaca2
waktu mau pulang ke kampung meninggalkan 'Dik Ella' nya.

Kepada mereka semua saya juga perlakukan spt. saudara, tapi tetap tegas
menegur kalau ada yg. salah. Menurut pengalaman saya, mendingan kita
tegas kalau memang ada yg. salah. Jika tidak, ya itu... akan keenakan.
Menganggap kita tidak pernah marah dan toleran saja. Tentu diimbangi
dengan pujian jika mereka bagus dalam bertugas. Sama saja, kita juga
sebagai pegawai juga spt. itu kan...? Kalau atasan kita terlalu baik,
bisa2 kita 'tergelincir' utk. 'mengambil keuntungan' dari itu. Tapi kita
juga butuh pujian utk. pekerjaan yg. kita lakukan dgn. baik.

Salam,
Rien.