----- Original Message -----
From: Khoerul Anwar <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, July 20, 2000 2:07 PM
Subject: RE: [balita-anda] SOFTDRINK DAN ES ( PADA KEHAMILAN )

> Salam,
> Yang sering saya dengar dari orang tua, kalau waktu mengandung sering
makan Es jadinya bayi akan besar ( Gemuk ) ketika masih dalam kandungan.
Jadi proses melahirkan agak susah..... abis bayinya kegedean nanti perlu
Pintu Ekstra donk ...

> Bener ngak sih

Kayaknya bener deh pak. Soalnya dalam es (es cream tentunya, bukan es batu)
itu kan banyak mengandung gula dan susu. Padahal kita tahu gula dan susu itu
kalau dimakan berlebih bisa ngegemukin. Makanya ibu hamil yang banyak makan
es cream dan minum yang manis-manis (sirup ?) kemungkinan besar bayinya juga
akan besar.

Teman saya dulu punya pengalaman, pada awal trisemester ke-3 kehamilan,
dokternya menyarankan utk banyak makan es cream (krn dia nggak suka susu)
sewaktu diketahui ukuran bayinya agak kecil. Eh ternyata temen saya itu
keterusan sukanya sama es cream - seminggu bisa 3-4 kali. Dan ternyata
bayinya lahir dgn berat 4 kg.

Adalagi yang menyamakan jangan minum es dengan jangan minum yang
dingin-dingin (meskipun hanya air putih dingin). Kalau ini saya nggak tahu,
tapi dari pengalaman saya sendiri hal ini nggak terbukti (karena saya nggak
suka minum air putih kalau nggak dingin, apalagi wkt hamil dulu). Malah anak
saya lahirnya kecil  (2,5 kg).

salam,
endra