Iya, yg menyebabkan gemuk biasanya krn gulanya bukan krn esnya (dan jangan
lupa krn banyak ngemil juga lho.... :-)). Tapi itu juga kalo konsumsi
gulanya kelebihan/ terlalu banyak. Soalnya saya dulu waktu pertama hamil, 3
bulan pertama nggak bisa makan makanan apapun kalo nggak neg liatnya,
biasanya keluar lagi kalo dipaksa. Nah, dokter saya bilang saya boleh makan
dan minum apa aja, nggak ada pantangan sama sekali. Wong bisa makan dan
minum aja udah syukur, daripada nggak sama sekali, gitu katanya. Dan waktu
itu saya sukanya minum coca cola + es atau sprite + es atau es teh manis
(mungkin krn hawa panas juga kali) dan ini selalu saya minum setiap abis
makan, kadang nambah. Tapi syukur saya tidak gemuk waktu itu dan bayi saya
lahir 3.25 kg, nggak gitu gede kan.
Terus soal coca cola/pepsi yg bisa bikin ancur daging, kayak untuk tubuh
kita beda deh, kan tubuh kita bukan daging mentah yg nggak ada perubahan /
proses apapun. Secara logika aja, lambung kita kan menghasilkan asam, nah
makanan yg masuk mestinya (saya nggak ahli dalam bidang ini, mungkin ada yg
lebih bisa menjelaskan mekanismenya.. thanks) akan diolah supaya dapat
diterima badan dengan 'benar'/semestinya. Jadi, soal ada berita kayak gitu
bisa saja benar dalam beberapa segi, tapi kalo sampe bener2 merusak organ2
kita, kita bisa berpikir logis dan bertanya2 kenapa perusahaan ini tidak
ditutup saja, toh pasti ada penelitian dari lembaga yg berwenang (dan sudah
berpuluh2 tahun yg lalu) sampe produknya boleh beroperasi terus. Kan diminum
oleh orang seluruh dunia, kebayang kan kalo emang bener merusak berapa
banyak orang yg sudah jadi korban dan pasti diberitakan secara besar2an.
Sorry kalo kepanjangan, cuman mau berbagi pendapat saja.
Gitu saja... nuhun... -Ivana-