----- Original Message -----
From: Wienani <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Friday, February 23, 2001 10:52 AM
Subject: Re[2]: [balita-anda] Pertanyaan mengenai kehamilan .. ?

> Yang ingin saya tanyakan, bahwa dokter melarang menyusui bayi
> nanti-nya karena ada hepatities (hasil pemeriksaan lab = positif).

Betul pak, krn penyakit hepatitis terbawa dalam darah.

> Apakah hepatitis itu.. ? apakah sama dengan virus hepatities A, B

Secara pokoknya, Hepatitis adalah penyakit yg menyerang hati. Hepatitis A
dan B pada dasarnya sama, hanya tingkatannya yg berbeda. Saya baca di Nova,
hepatitis A kadang bisa sembuh dgn sendirinya. Sementara Hepatitis B
memerlukan pengobatan yg lebih serius, kadang pasien harus bed rest.

> Apakah selama masa kehamilan hepatities tsb bisa di sembuhkan.. ?

Hepatitis bisa disembuhkan dgn obat-obatan, tapi sebetulnya kondisi badan
kita sendirilah obat yg paling baik. Jadi sebaiknya kondisi dan stamina
istri bapak dijaga agar tetap sehat, apalagi sekarang ada calon si kecil,
ya.

> Susu apa pengganti ASI yang baik.. ?

Pada dasarnya semua susu formula mempunyai kandungan yg sama, jadi susu
apapun pada dasarnya baik. Tetapi, untuk anak saya dulu saya pakai S-26,
tidak ada alasan khusus, hanya kebanyakan dari teman saya menggunakan susu
tsb.

Pak, saran saya, bagaimana kalau bpk juga periksakan istri ke dokter
spesialis penyakit dalam untuk hepatitisnya. Mudah-2an bpk bisa mendapatkan
penjelasan yg lebih baik dan menyeluruh.

Semoga istri bpk dan kandungannya dalam keadaan baik selalu.
endra