Mbak Diah, memangnya kakak Mbak ada kelainan kaki wkt kecil?
Kalau tdk ada kelainan apa-apa... ngkali kakak Mbak malu aja... wong sdh
punya adik, kok blm bisa jalan :) Jadi lah dia berjalan sendiri!

Buat Mama Bagas, anak-anak memang beda-beda kok!
Kalau sampai di atas 18 bulan blm bisa berjalan, nah kemungkinan memang
ada kelainan. Teman saya dulu anaknya umur 1 tahun blm bisa berdiri,
ternyata memang ada kelainan di ototnya (lemah otot) dan setelah ke dokter
diperkirakan baru bisa jalan umur 18 bulan. Eh, ternyata umur 15 bln sdh
bisa jalan tuh!

Tips yg jitu... apa ya? Biarkan dia bereksplorasi sendiri! :)
Btw, Bagas sdh bisa berdiri kan? Sdh bisa rambatan? Tetah?
Klu saya dulu, saya dan anak dan suami suka bermain di lantai (berkarpet).
Saya melakukan hal itu krn untuk menyesuaikan tinggi si kecil. Kadang2
anak merasa jauuuh karena dia kan kecil, paling tingginya cuman 1/3 orang
besar kan... nah, dg bermain bersama di lantai, dia merasa lebih dekat.
Caranya wkt itu, saya duduk berhadapan di depan suami (rentang tangan kita
berdua harus ketemu), kira2 1 meter. Trus anak saya, berdiri depan saya,
trus dilepas pelan2... dan dia jalan ke arah suami saya, dan sebaliknya.
Saya inget banget, wkt itu lebaran... my little one had her first step!
Dia coba jalan2 sendiri. Baru deh stl itu kita konsen merhatiin dia jalan.
Dalam bbrp hari, dia bisa jalan sendiri, dr satu meter, tahu2 bisa jalan
3.5 meter (hi..hi... kerajinan ya saya, sampai diukurin!). Dan dalam dua
minggu after her first step, dia bisa lari. Dan... kebiasaan lari itu
dilakukan sampai sekarang, sampai sayanya yg judek ngerasain.... ini anak
kok ngga' mau jalan ya! She runs and runs. Sampai setiap saat saya harus
teriak : please walk...walk...step by step.

Waahhh.. kok jadi cerita panjang2, sorry.
Btw, anak mulai belajar berjalan biasanya setelah melewati tahap "berdiri
tegak". Usia rata2 untuk tahap ini adalah 10 bulan. Tahap belajar berjalan
12 bulan. Dan jika sampai 18 bulan masih blm mampu berjalan sendiri, ada
baiknya konsultasi ke dokter. Saya pernah baca artikel, rata2 umum anak
mulai berjalan (has the 1st step) umur 12 bulan.

Yuk ya, moga2 tips saya bisa kepakai untuk Bagas.
Selamat mengajar berjalan.
O iya, satu lagi, let him bare foot! Jalannya di atas karpet/pasir/rumput.
Kalau takut kenapa-napa, pakai kaos kaki. Jangan sepatu/sandal.

gitu aja ya...

best regards,
Quinike