From: Rita Mardalina <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Friday, May 25, 2001 10:03 AM
Subject: Re: [balita-anda] Diare

>kalau diarenya disebabkan virus, ada kemungkinan tertular dari adiknya.
Yang pernah saya baca di artikel ttg diare memang dia akan sembuh sendiri
(biarkan racunnya keluar sampai habis) cuma jangan sampai dehidrasi aja,
kasih aja pedyalite (bisa dicampur susu LLM) atau diminum begitu saja. kalau
panas kasih obat panasnya. Perhatikan apakah fecesnya ada lendir atau tidak
atau ada darahnya. Nah kalau ini sih agak berat juga. Kalau ke dokter untuk
menjaga kemungkinan akibat bakteri atau akan kemasukan bakteri (maklum
kondisi lemah bisa rentan penyakit akibat bakteri) akan dikasih antibiotik.
Kalau obat mengatasi sakit perut yang bisa dijual bebas bisa tanya ke apotik
saja tapi pasti akan ditanya umur anaknya soalnya untuk bayi <1 tahun nggak
bisa dijual bebas kecuali pedialyte (itupun u/ mencegah dehidrasi saja).
Tapi kalau mau mampet bisa dicoba daun jambu klutuk dan kunyit, atau dikasih
telur asin. tetap saja kasih anak makan terutama nasi, pisang, roti,
applesauce (saya baca di artikel mengenai diet ini waktu 3 minggu lalu anak
saya diare)