Dear Ferdy,

Saya bisa memahami kekecewaannya, tapi menurut saya sih apa yang
dilakukan oleh ITSC ini masih dalam batas kewajaran, nggak ada yang
salah, menurut saya lho ya.

Pertama mengenai koreksi gaji yang sudah diminta oleh Ferdy dan
dijawab secara lisan bahwa setelah 3 bulan akan ada perubahan.
Seharusnya pada saat itu juga Ferdy tetap bersikeras meminta koreksi
gaji, karena tidak ada yang bisa kita jamin dari jawaban lisan
tersebut, bisa saja maksudnya setelah 3 bulan akan ada pertimbangan.
Dan kemudian berdasarkan pertimbangan performance, dan lain sebagainya
lalu tidak diberikan kenaikan gaji, who knows?

Lalu mengenai fee yang didapat PT ITSC adalah 2x lipat dari gaji yang
dibayarkan ke Ferdy, itupun menurut saya wajar2 saja, namanya juga
bisnis, bahkan ITSC charge ke customernya 5x lipatpun masih tetap hak
mereka, karena itu deal yang berbeda.

Kenapa bisa berbeda antara gaji dan yang ditagihkan ke customer? ITSC
kan perusahaan, profit-oriented, belum lagi resiko yang ditanggung
yaitu klaim dari customer kalo customernya kecewa dengan tenaga kerja
yang dikirimkan, dan masih banyak lagi. PT XXX ini mungkin tidak akan
membayar THR dan uang kesehatan untuk Ferdy, tapi perusahaan tempat
Ferdy bekerja bertanggung jawab membayarkan THR kan? so wajar2 saja
kalo ada selisih.

Saya pernah punya pengalaman yang sama, tapi saya sebagai wakil dari
perusahaannya, tenaga kerja yang kita outsource dan kita gaji 1,5jt
perbulan itu ternyata tidak memberikan performance yang bagus untuk
customer kami, sehingga kita diklaim 3 bln fee yang telah dibayarkan.
Nilai klaimnya adalah 2jt perbulan sehingga total 6jt perbulan,
bayangkan ...dan itu dibayarkan oleh perusahaan kita, tidak ditagihkan
sama sekali ke tenaga kerjanya.

Mengenai lembur yang tidak dibayarkan full, bisa saja betul
itungannya, kan gaji yang diterima dan fee yang ditagihkan berbeda?

No offense, hanya mencoba melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Semoga Ferdy bisa mendapatkan jalan keluar yang terbaik, dan untuk
rekan2 yang lain bisa mendapatkan hikmahnya.

Best Regards,
Ade Aan Wirama
http://wirama.wordpress.com
Coding for Humanity

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Ferdy" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> hati-hati bila berurusan dgn ITSC atau Harrisma Service Center.
...del...