Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik Mita Melati
Oia, ada pertanyaan yg ketinggalan...^_^ Ya, rakyat TIongkok masih banyak yang mempertahankan tradisi kunonya yang sudah berlangsung ribuan tahun, meninggal tetap ingin dikubur di dalam tanah. Dan untuk penghematan dan kesehatan, cara kremasi jenasah, setelah membakar jadi abu, abunya itulah

Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik Fy Zhou
salah satu bukti keberhasilan Orba pembersihan etnis secara halus. --- On Wed, 9/17/08, Mita Melati [EMAIL PROTECTED] wrote: From: Mita Melati [EMAIL PROTECTED] Subject: Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini? To: budaya_tionghua@yahoogroups.com Date:

Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik Fy Zhou
Lho. kalau sudah memiliki skbri berarti sudah WNI, sudah jelas tak lagi disebut Hoakiau, walaupun datang ke Indonesianya baru setahun misalnya. istilah2 ini hanya dilihat dari segi hukum, tak ada kaitan dng isi hati orang atau niatan2 tersembunyi, seorang Tionghoa WNI yang sudah kembali ke RRT

Re: [budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik Tantono Subagyo
Pak Danardono yth, Saya jadi agak bingung, jadi saya minta contoh yang nyata. Bagaimana jika seorang Papua meninggalkan budaya pakai koteka, animisme dan masuk Kristen, apakah ybs juga dapat disebutkan seorang besar. Kalau difikir begini maka orang Indonesiapun yang menjadi Islam ya meninggalkan

Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik Tantono Subagyo
Mita yth. Coba baca buku : Cokin So What Gitu Loh, yang Editornya Ivan Wibowo. Disitu akan banyak sumber skripsi anda. Salam, Tantono

Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik ChanCT
Sebenarnya saja, semula tidak ada yang membeda-kan sebutan-istilah Huakiao, Hua-ren dan Tionghoa, ... tapi karena makin sering hubungan dengan adanya globalisasi dan makin dekatnya jarak didunia dengan adanya pesawat-terbang, dirasakan kebutuhan untuk membedakan sebutan itu pada orang Tionghoa

Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik Mita Melati
Kalau yg udah punya SBKRI itu yg udh pasti punya nama Indonesia yg dilebur dari nama marga y (misal'y Tan Han Ju jadi Johan Tanujaya)? Trs mo nanya lg, Fy Zhou udh pernah nonton film The Photograph blm (cast'y Lim Kay Tong, Shanty, Lukman Sardi, Indy Barends, sutradara'y Nan T Achnas)? Kl udh,

Re: [budaya_tionghua] Ureca dan Ubaya??

2008-09-17 Terurut Topik ChanCT
Yang saya atau, Ubaya singkatan Universsitas Surabaya itu dahulu sebelum G30S 1965, adalah URECA (Universitas Res Publica) yang diselenggarakan oleh BAPERKI. Dan, karena BAPERKI oleh Soeharto dituduh bernaung pada PKI, jadi termasuk organisasi yang harus dilarang, maka URECA dibubarkan dan yang

Re: [budaya_tionghua] Re: Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik ChanCT
Yongde Xiong, Rupanya orang Hakka, ya. Nampaknya tidak semua orang Hakka gunakan tradisi nama suku-3 sebagai nama generasi, lha istri saya yang juga orang Hakka, tetap gunakan tradisi suku-2 nama generasi, kok. Begitu juga beberapa sahabat saya yang orang Hakka, malah jarang yang gunakan

[budaya_tionghua] Asal marga Yang (#26472;)

2008-09-17 Terurut Topik hyu_shiratori
Saya mw bertanya sama Laoshi-laoshi disini =P .. hehe .. Maraga Yang (#26472;) yg artinya Sunlight(bercahaya) berasal dari daerah mana ya? Kalau tidak salah Ayah dari Kakek saya di pihak ibu ( Bermarga Yang ) berasal dari YUNNAN. Apakah marga Yang memang berasal dari Yunnan?

[budaya_tionghua] Re: Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik ardian_c
rasanya gak begitu yong, gw punya nama generasi di ke3 tapi bokap gw di ke2 , ngkong gw ke3 , anak gw ke 2. trus jg semua anak perempuannya ada nama generasi. Ya lumayan sih buat cari tau sdr apa bukan , sayangnya banyak yg seangkatan gw dah gak pake nama generasi buat anak2nya malah banyak yg gak

[budaya_tionghua] Re: Kue Ku Terigu

2008-09-17 Terurut Topik David Kwa
Wah, ga tau ya dimana ada jual, sebab biasanya sih orang bikin sendiri. Coba aja cari ke tukang kue basah ala peranakan di pasar Kampung Bebek, Angke Indah, Jakarta Barat, mungkin di sana ada. Tapi sebaiknya pagi- pagi jam 6... --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Haryadi Theng [EMAIL

Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik Fy Zhou
Saya mau nonton Photograp belum kesampaian nih.   Tapi logikanya begini: Jika Johan punya nama Indonesia resmi, pasti dia sudah WNI, jadi tak bisa disebut hoakiau lagi. lain halnya kalau nama Indonesia ini hanya sekedar aksi2an. hanya punya nama tionghoa juga belum masih WNA lho, Kwik Kian Gie

Balasan: [budaya_tionghua] Re: OOT: Hobby : Games Samkok 11

2008-09-17 Terurut Topik Joe Sinatra
Dear Mas Purnama Kalau memang bisa dibantu mohon kiranya dapat dikirimkan file romance of three kingdom 11, karena saya juga penggemar permainan ini. Saya sudah bermain dari Romance Three Kingdom versi pertama sampai versi IV. Terima kasih mas atas bantuannya. Salam, Hanto --- Purnama Sucipto

Re: [budaya_tionghua] Re: Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik BUD'S 1
He he he, Anak2nya Tjong A Fie dan Anak2nya Abangnya Tjong A Fie ( Tjong Yun Hian / Dulu dipakai sebagai nama jalan di Medan dan sekarang sudah diganti jadi JL. Cirebon ) nama suku ketiganya pada sama semua. Tapi Cucu dan Cicit mereka nama suku Ketiganya sama dan Mereka juga orang Hakka, jadi

[budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik Mulyawan Lie
From: budaya_tionghua@ yahoogroups. com [mailto:budaya_tionghua@ yahoogroups. com] On Behalf Of Mulyawan Lie Sent: 16 September 2008 21:40 To: budaya_tionghua@ yahoogroups. com Subject: [budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen sdr Dada yg lagi sewot, Dada : Budaya di bonsai

Re: [budaya_tionghua] PERINGATAN : Diskusi Tionghoa dan Imlek

2008-09-17 Terurut Topik Liquid Yahoo
Lalu kalo gitu knapa tadi di loloskan postingannya? Jika di loloskan berarti di setujui, tapi knapa setelah di setujui lalu di kasih peringatan? Kalo mao juga dari awal postingannya ga di lolosin - Original Message - From: zhonghua_wenhua [EMAIL PROTECTED] To:

[budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik RM Danardono HADINOTO
Pertanyaan pertanyaan yang mudah dijawab pak bagyo: --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Tantono Subagyo [EMAIL PROTECTED] wrote: Pak Danardono yth, Saya jadi agak bingung, jadi saya minta contoh yang nyata. Bagaimana jika seorang Papua meninggalkan budaya pakai koteka, animisme dan

[budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik RM Danardono HADINOTO
Tanggapan yang sangat gamblang, tegas dan lugas. Kita disini concern pada BUDAYA, tak memasalahkan agama. Dan di milis ini subject adalah budaya Tionghoa, bukan Romawi, Yahudi, Mesir atau yang lain. Great! Salam Danardono --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Mulyawan Lie [EMAIL

[budaya_tionghua] Re:Rumah Sakit-rumah sakit yang didirikan oleh masyarakat Tionghoa, chususnya Tionghoa Ie Wan-satu kontribusi masyarakat Tionghoa (Bagian IV)

2008-09-17 Terurut Topik Han Hwie Song
Rumah Sakit-rumah sakit yang didirikan oleh masyarakat Tionghoa, chususnya Tionghoa Ie Wan-satu kontribusi masyarakat Tionghoa (Bagian IV) Pada tahun 1927 didirikan perkumpulan Soe Sioe Tiong Hoa Ie Wan yang secara resmi didirikan dan ketua pengurus pertama yalah Dr. Oei Kiauw Pik, selanjutnya

[budaya_tionghua] diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik jandi
halo semua. mau ngasih info soal seminar yang akan diadakan di CSIS. tema diskusinya SBKRI, sejarah, perjalanan, dan masa depan. dalam acara kali ini juga bersamaan dengan peluncuran buku yang berjudul Tionghoa Dalam Cengkraman SBKRI. Hari/Tanggal : Senin, 22 September 2008 Waktu : Pk.

[budaya_tionghua] Re: Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik Hendri Irawan
Wah, jangan panggil xiong, saya seharusnya panggil anda itu qianbei. Cuma memang karena darah muda sering emosian. Tadi siang sempat berdiksusi dengan rekan-rekan, memang ternyata saya salah. Tidak selalu nama generasi orang Hakka di huruf ketiga. Memang perkembangan jaman tidak bisa dibendung.

[budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik Hendri Irawan
Orang dulu mengatakan: - Yin dan Yang saling melengkapi dan berubah - di saat Yin memuncak, Yang muncul - di saat Yang memuncak, Yin muncul - tidak ada yang abadi semuanya akan berubah, perubahan itu lah yang abadi Tidak sampai setengah yang lalu, ada kelompok yang mengusung mangkir-cino dengan

Re: [budaya_tionghua] Mengapa Anak Babi Jalannya Nunduk?

2008-09-17 Terurut Topik Liquid Yahoo
Tulisan yang bagus pak Ophoeng, halus tapi mendalam, semoga semua mengerti maksudnya, mohon pencerahannya lagi, mungkin soal asal muasal kecap asin manis? Karena yang saya dengar kecap asin di ciptakan di TiongKok, kecap manis di ciptakan di Indonesia. Juga Tahu Tempe, katanya Tahu di

[budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik RM Danardono HADINOTO
Tidak sampai setengah yang lalu, ada kelompok yang mengusung mangkir-cino dengan gagah berani dan muncul sebagai pemenang. Sekarang para pemenang itu ramai-ramai balik-cino. *** Betapa benarnya, mas Hendri, betapa benarnya! Kini mereka menjadi Pahlawan China... dahoeloe? wwwauw

[budaya_tionghua] Re: Kue Ku Terigu

2008-09-17 Terurut Topik Hendri Irawan
Kwa loheng dan saudara Haryadi, Yang saya tahu di tempat berkumpulnya Tionghoa luar pulau di jakarta pasti ada kue ku. Misalnya di jelambar, duta mas, jembatan lima, pluit, pademangan. Di Kelapa Gading juga ada tuh. Hormat saya, Yongde --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, David Kwa [EMAIL

[budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik extrim_bluesky
HE HE HE... saya perjelas ya. Dulu CSIS yg dimotori oleh Harry Tjan Silalahi itu masuk kelompok MUNGKIR CINO alias Kirno. sekarang, karena asimilasi yg diadobsi dari teori melting pot amerika sudah jelas melanggar HAM dan USA adobsi multikulturalisme alias Integrasi yg dulu pernah diusung oleh

[budaya_tionghua] Re: NoMpang Lewat Azzah Nih! (Was: No Dogs And Chinese Allowed)

2008-09-17 Terurut Topik Hendri Irawan
Bung Ophoeng yang sama-sama doyan makan, Memang benar bahwa penghinaan bisa menjadi motivasi yang sangat kuat. Salah satu contohnya dalam sejarah adalah kisah Han Xin, dari seorang yang dihina dan dipaksa merangkak melalui kolong kaki orang lain menjadi seorang panglima militer yang tersohor.

RE: [budaya_tionghua] Re: Akulturasi budaya dalam agama

2008-09-17 Terurut Topik agoeng_set
Iya, setuj Sent from my BlackBerry� powered by Sinyal Kuat INDOSAT -Original Message- From: Dada [EMAIL PROTECTED] Date: Wed, 17 Sep 2008 04:07:05 To: budaya_tionghua@yahoogroups.com Subject: [budaya_tionghua] Re: Akulturasi budaya dalam agama Agung Bicara senjata makan tuan

Re: [budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik Fy Zhou
memang ada bunglon2 tionghoa, yang rela mengorbankan kelompoknya sendiri untuk karier politik! saat zaman berubah, mereka berusaha mengubah wajah supaya tetap eksis, dan tetap berusaha merekrut para penerus... - Original Message From: Hendri Irawan [EMAIL PROTECTED] To:

Re: [budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik Tantono Subagyo
* 100%! Akidah Islam mengkondisikan ke-khaffah-an dalam menjalankan perintah agama, termasuk ritual. Ritual yang ditentukan nabi Muhammad dari basis budaya Semit yang menjadi acuan. Dari pemahaman Trimurti diubah menjadi azas ajaran Ibrahim. Yes.* Yang ini saya tidak setuju Pak, setahu saya

Re: [budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik Tantono Subagyo
Daripada ngatain orang yang nggak ada disini, mbok iyao bikin buku sendirilah, kumpulan karangan yang Te No (Tetep Cino) yang anti Harry Tjan Silalahi gitu loh. Kalau bukunya Ivan Wibowo(editor) hehe itu bukan buku sejarah, mereka hanya mengungkapkan perasaan mereka. Lha sekarang dibuat anti

Re: [budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik Akhmad Bukhari Saleh
- Original Message - From: Tantono Subagyo To: budaya_tionghua@yahoogroups.com Sent: Thursday, September 18, 2008 3:23 AM Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI Daripada ngatain orang yang nggak ada di sini, mbok iyao bikin buku

Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik agoeng_set
Kok bisa? Kan tinggal kasih nama ke anak anda aja, n bikin wasiat klo barang siapa dari keturunan anda tdk punya nama tionghoanya engga boleh dapet warisan n ga boleh pake nama kluarga. Hehehe Sent from my BlackBerry� powered by Sinyal Kuat INDOSAT -Original Message- From: Mita Melati

RE: [budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik agoeng_set
Maap om, sapa yg dimaksud pahlawan yah? Sent from my BlackBerry� powered by Sinyal Kuat INDOSAT -Original Message- From: RM Danardono HADINOTO [EMAIL PROTECTED] Date: Wed, 17 Sep 2008 13:54:26 To: budaya_tionghua@yahoogroups.com Subject: [budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku

RE: [budaya_tionghua] Re: NoMpang Lewat Azzah Nih! (Was: No Dogs And Chinese Allowed)

2008-09-17 Terurut Topik agoeng_set
Ajak2 g donk kesono. Sent from my BlackBerry� powered by Sinyal Kuat INDOSAT -Original Message- From: Hendri Irawan [EMAIL PROTECTED] Date: Wed, 17 Sep 2008 14:44:56 To: budaya_tionghua@yahoogroups.com Subject: [budaya_tionghua] Re: NoMpang Lewat Azzah Nih! (Was: No Dogs And Chinese

[budaya_tionghua] film 3 negara

2008-09-17 Terurut Topik Tin Tintai
Hai teman-teman. Saya ingin mengoleksi film tentang Tiga Negara (Sam Kok) baik dalam bentuk vcd atau dvd. Adakah yg bisa bantu,dimanakah bisa diperoleh? Thank's sebelumnya. GBU. Atintai. ___ Yahoo! sekarang

[budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik RM Danardono HADINOTO
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Tantono Subagyo [EMAIL PROTECTED] wrote: * 100%! Akidah Islam mengkondisikan ke-khaffah-an dalam menjalankan perintah agama, termasuk ritual. Ritual yang ditentukan nabi Muhammad dari basis budaya Semit yang menjadi acuan. Dari pemahaman Trimurti

Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik Mita Melati
Beli aja DVD nya, bgs qo film'y, hehehe... Hmm...kalau gt skr bnr2 jarang ya ada hoakiau di indonesia lagi... Tapi mungkin ga ada seseorang yang punya 2 kewarganegaraan karena misal'y dy tinggal di indonesia untuk jangka wktu lama karena suatu pekerjaan (bukan yg 1 atau 2 tahun, tp skitar 10

[budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik RM Danardono HADINOTO
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Akhmad Bukhari Saleh [EMAIL PROTECTED] wrote: Nggak usah sampai bikin buku lah, Tan Lookay. Kalau itu sih kayaknya kejauhan panggangnya dari apinya... Mulai saja dulu dengan memberanikan diri datang ke acara itu. Toh jelas-jelas itu acara terbuka

[budaya_tionghua] Re: Kue Ku Terigu

2008-09-17 Terurut Topik David Kwa
Betul itu, tapi yang namanya kue ku terigu rasanya sih ga sembarang orang jual. Apa benar orang seberang juga mengenal kue ku terigu yang dimaksud? Saya tidak tau, sebab saya belum cek. Kiongchiu, DK --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Hendri Irawan [EMAIL PROTECTED] wrote: Kwa loheng

[budaya_tionghua] Manusia Berhak Menjadi Ateis Sekalipun

2008-09-17 Terurut Topik HKSIS
http://www.sinarharapan.co.id/berita/0809/17/pol02.html Syafii Maarif Manusia Berhak Menjadi Ateis Sekalipun JAKARTA? Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif tak bisa berbuka puasa dengan tenang. Ia harus menerima ucapan selamat yang terus mengalir dari para tamu yang memenuhi

RE: [budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik Dada
From: budaya_tionghua@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Mulyawan Lie Sent: 17 September 2008 16:38 To: budaya_tionghua@yahoogroups.com Subject: [budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen From: budaya_tionghua@

Re: [budaya_tionghua] Ureca dan Ubaya??

2008-09-17 Terurut Topik lkartono
Quoting hdi_gesang [EMAIL PROTECTED]: disini saya ingin menanyakan, mungkin ada yang tahu lebih dalam mengenai hubungan antara Ureca (Universitas Res Publica) dengan Ubaya (Universitas Surabaya). RSS, Kalau nggak salah pada saat sebelum 65 dikenal dengan Ureca dan setelah 65 diganti

[budaya_tionghua] Fwd: Sharing dari Yulyani: Moon Cake Festival Dharmajala's continuation day

2008-09-17 Terurut Topik Hendri Irawan
--- In [EMAIL PROTECTED], karma_tenpe_gyatso [EMAIL PROTECTED] wrote: - Original Message - From: yulyani arifin To: [EMAIL PROTECTED] Sent: Wednesday, September 17, 2008 11:02 PM Subject: Re: [DharmajalaXV1] Tradisi Tiong Ciu Pia A lotus 4 u, A Buddha to be... dear

[budaya_tionghua] OOT : REUNI ANGKATAN 85 FE UNTAR - AKUNTANSI DAN MANAJEMEN

2008-09-17 Terurut Topik Lim Wiss
REUNI ANGKATAN 85 FE AKUNTANSI MANAJEMEN Reuni Angkatan 85 Jurusan Akuntansi dan Manajemen Universitas Tarumanagara, akan diadakan : Hari/Tanggal : Jumat, 19 September 2008 Jam: 18.30 s.d 21.00 Tempat : The Buffet Citraland,

RE: [budaya_tionghua] Atau atau Dan? (Was: Menjadi Tionghoa atau Kristen)

2008-09-17 Terurut Topik Ulysee
Banyak lho orang yang sudah Kristen tapi masih merayakan Imlek, Lalu? Mau adu banyak??? Orang merayakan Imlek atau tidak itu karena preferensi masing masing, jadi sepertinya tidak perlu bawa bawa Kristen dalam urusan ini, cuman bikin euphoria yang sentimen doank, weks! BTW,

RE: [budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik Dada
_ From: budaya_tionghua@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of RM Danardono HADINOTO Sent: 17 September 2008 19:36 To: budaya_tionghua@yahoogroups.com Subject: [budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen Tanggapan yang sangat gamblang, tegas dan lugas. Kita

[budaya_tionghua] Re: YIN YANG (was diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI)

2008-09-17 Terurut Topik prometheus_promise
Betul. Perubahan adalah yang abadi, Yin dan Yang saling melengkapi. Jikalah demikian, apakah ada pemenang antara Yin dan Yang ? Ketika toch semua sudah berjalan sesuai siklusnya, adakah lagi yang perlu diherankan atau dipermasalahkan? BTW, undangan diskusi dibawah bukan untuk mendiskusikan

[budaya_tionghua] Arsitektur Tiongkok: Miniatur Alam Semesta

2008-09-17 Terurut Topik Lim Wiss
Arsitektur Tiongkok: Miniatur Alam Semesta (Erabaru.or.id) Arsitektur modern dengan gaya menonjolkan ego atau menunjukkan dominasi terhadap manusia saja. Tidak menghubungkan manusia dengan langit, terasa seperti menentang langit. Dalam masa ribuan tahun, orang Tionghoa sudah mengembangkan gaya

[budaya_tionghua] Bodhisatva Bertangan Seribu di Penutupan Paralympics

2008-09-17 Terurut Topik Kurniawan
Pertunjukan Bodhisatva Bertangan Seribu di Penutupan Beijing Paralympics, 17 Sept 2008: http://yule.sohu.com/20080918/n259616216.shtml Foto-foto Upacara Penutupan: http://olympics.blogs.nytimes.com/2008/09/17/the-closing-ceremony-of-the-beijing-paralympics/index.html?hp

[budaya_tionghua] Re: Atau atau Dan? (Was: Menjadi Tionghoa atau Kristen)

2008-09-17 Terurut Topik RM Danardono HADINOTO
Iyalah. Kalau masih merasa terpanggil merayakan, ya monggo merayakan, gak peduli kan, sudah Kristen, atau masih: Konghucu? Kalau nggak mau ngerayain lagi karena dilarang, ya monggo... Saya juga pengen iklan disini, kecap cap bango... just kidding nihhh --- In

[budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik RM Danardono HADINOTO
Mau nambahin sedikit, pak Bagyo: --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Tantono Subagyo [EMAIL PROTECTED] wrote: Yang ini saya tidak setuju Pak, setahu saya Trimurti itu ajaran India juga jadi bukan ajaran Jawa, kalau mau cari agama Jawa itu harus dicari pra datangnya kerajaan Hindu. ***

[budaya_tionghua] Re: Bodhisatva Bertangan Seribu di Penutupan Paralympics

2008-09-17 Terurut Topik RM Danardono HADINOTO
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Kurniawan [EMAIL PROTECTED] wrote: Pertunjukan Bodhisatva Bertangan Seribu di Penutupan Beijing Paralympics, 17 Sept 2008: http://yule.sohu.com/20080918/n259616216.shtml Foto-foto Upacara Penutupan:

Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik ChanCT
Neng Mita yb, Nggak juga, lho. Kabarnya, sayaa tidak tau persis, tidak sedikit perantau (Huakiao) baru yang hidup di Indonesia, dan mereka-mereka itu berani sekali melakukan usaha-usaha dagangnya, tentu dilakukan secara gelap, tidak sah. Dari menjajakan barang dagangannya diemper jalan, sampai

[budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik RM Danardono HADINOTO
Tanya pada sejarawan sejarawan dehh, seperti pak Asvi atau Benny Setyono... --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote: Maap om, sapa yg dimaksud pahlawan yah? Sent from my BlackBerry® powered by Sinyal Kuat INDOSAT

[budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik RM Danardono HADINOTO
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Akhmad Bukhari Saleh [EMAIL PROTECTED] wrote: eleted Kalau kira-kira untuk datang ke sana saja pun ada keterbatasan nyali, minta tuh dianterin dikawal Ul-djie. For sure she will only be glad to! *** Dikawal cik Ul? Wah

Re: [budaya_tionghua] Re: YIN YANG (was diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI)

2008-09-17 Terurut Topik Hendri Irawan
Ya, saya memang cuma bisa berkomentar wo de tian ar. Karena perubahan sikap yang menuruti arah angin begitu menurut saya tidak sesuai dengan prinsip Zhong / Tiong. Ya tapi sudahlah, sudah bagus pada mau likno. Hormat saya, Yongde catatan: kapan-kapan kita mabuk teh lagi yuk

RE: [budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik agoeng_set
Setuju ma DADA n PAHA gak ada skolah katolik g udah jadi kuli pelabuhan or minta2 dipasar. Apapun labelnya buat g n keluarga besar g n ribuan org tionghoa di daerah g. Skolah katolik amat sangat membantu, kalo engga ada dia ga tau pada jadi apa, klo sampe jd katolik jg yah itu resiko n

[budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI

2008-09-17 Terurut Topik ulysee_me2
Kya, sejak kapan gue buka biro jasa lady escort?? hihihi. Bodyguard cewek, begetoh??? Kyahahahha. Masalahnya Yl-djie kalau kemana mana harus dikawal bodyguardnya sendiri juga euy, kalau bodyguardnya nggak mau ngawal, ya nggak pergilah dia, krrrekeke. Dan kali ini, waktu

Re: [budaya_tionghua] Re: diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKR

2008-09-17 Terurut Topik Tantono Subagyo
Masalah Launching Buku kok jadi gegeran. Kalau berani ya datang terus dibantah itu Harry Tjan Silalahi dan kambrat-kambratnya. Kalau disini mah percum tak bergun, prahara dalam mangkok. Jadi ditunggu beritanya Zhou heng, Kenken dkk,bagaimana serunya anda-anda berdebat dengan Harry Tjan cs.

Re: [budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik Tantono Subagyo
Dengan demikian kalau orang Jawa bisa menganggap budaya Trimurti yang asalnya dari India (bila cocok dengan dirinya) atau jadi Islam (Islam gaya Jawa atau gaya Arab) kalau dia merasa sesuai, maka tidak ada juga orang boleh melarang orang Jawa beragama Kristen atau Katholik demikian juga dengan

Re: [budaya_tionghua] Re: YIN YANG (was diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI)

2008-09-17 Terurut Topik ChanCT
Menarik juga komentar yang diberikan atas bedah buku Tionghoa Dalam Cengkraman SBKRI, ... kiranya yang disoroti adalah tokoh CSIS Harry Tjan Silalahi itu, ya? Katakanlah perubahan sikap menuruti arah angin, lalu? Saya hanya tau kalau Harry Tjan termasuk LPKB dan tokoh CSIS, yang mendorong

[budaya_tionghua] Re: YIN YANG (was diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI)

2008-09-17 Terurut Topik Hendri Irawan
Yah kalau benar seperti yang qianbei uraikan tentu yang paling baik. Tetapi tidak tertutup kemungkinan motivasi dari sisi lain bukan ? Seperti perebutan pengaruh dan kekuasaan. Kalau memang mereka sadar dan otokritik, layaknya orang yang sadar pasti minta maaf duluan atas kesalahannya. Seperti

[budaya_tionghua] Daripada omong kosong menghujat orang lebih baik karya nyata : Bikin Sekolah dong !!!

2008-09-17 Terurut Topik Tantono Subagyo
Rekans, Saya mohon maaf selama ini di milis kita terlalu banyak menghujat orang, apakah Falun Gong apakah Kirno apakah sekolah Katolik apakah pendeta Bethany dan segalanya yang nggak ada disini. Sampai-sampai Sharon Stone en Dalai Lama pun dikecam abisss. Saya mengusulkan suatu karya nyata yang

[budaya_tionghua] Re: Daripada omong kosong menghujat orang lebih baik karya nyata : Bikin Sekolah dong !!!

2008-09-17 Terurut Topik Hendri Irawan
Pak Tantono, Kalau buat buku termasuk omong kosong tidak ? Jangan terlalu gampangan lah bilang orang lain omong kosong. Kan tidak ada kewajiban laporan apa yang telah diperbuat. Tidak semua orang bergerak di bidang yang sama. Lagipula dari mana kesimpulan anda bisa bilang menghujat ? Saya

Re: [budaya_tionghua] film 3 negara

2008-09-17 Terurut Topik Kurniawan
Banyak kok di penjual DVD. Kalau susah dapetnya coba contact: [EMAIL PROTECTED] Belinya jangan yang 7 DVD karena ada disc yang gak jalan. Coba beli yang 14 DVD. Filmnya versi yang ini: http://ent.sina.com.cn/v/f/sangyy/index.html Versi lama tapi bagus banget. --- On Wed, 9/17/08, Tin

Re: [budaya_tionghua] Re: Daripada omong kosong menghujat orang lebih baik karya nyata : Bikin Sekolah dong !!!

2008-09-17 Terurut Topik Tantono Subagyo
Baik, apa sajalah, dan kita uarkan buku itu disini, daripada kita ngomongin Harry Tjan yang nggak ada disini. Kalau ngomongin kejadian yang lalu saja dan nggak maju-maju ya omong kosong. Itu definisi saya, tetapi kalau orang lain bilang lain ya suka-suka, ya saya nggak bisa apa-apa. Saya cuma

Re: [budaya_tionghua] Re: Menjadi Tionghoa atau Kristen

2008-09-17 Terurut Topik Fy Zhou
Confucian dan taoism bukanlah eksplisit seperti seperangkat upacara agama, mereka adalah cara berpikir dan cara pandang. walau tak kasat mata, jelas2 tertanam di benak dan hati masyarakat Tionghoa. Jika anda banyak menjelajahi bahan2 diskusi2 masalah sosial dan budaya di RRT, akan jelas

Re: [budaya_tionghua] Re: Daripada omong kosong menghujat orang lebih baik karya nyata : Bikin Sekolah dong !!!

2008-09-17 Terurut Topik Tantono Subagyo
Sdr Hendri Irawan yang baik, Saya juga bukan orang yang melulu bergerak di bidang Sekolah kok, yang mendirikan Sekolah 3 orang Pegawai Negeri Sipil, dua orang swasta dan satupun nggak ada yang dasarnya adalag orang Pendidikan. Mengapa bikin sekolah :omong doang cape deh, kita ingin berbuat

Re: [budaya_tionghua] Bagaimana identitas hoakiau di Indonesia saat ini?

2008-09-17 Terurut Topik Fy Zhou
Lho, anda rupanya rancu dengan istilah SKBRI!   SKBRI ini merupakan dokumen yang menjelaskan seorang itu benar2 sudah WNI!    Orang asing yang tinggal lama di Indonesia bisa saja tetap WNA, tapi mereka bisa memiliki surat Domisili tetap sebagai Permanent resident. Penduduk tetap jelas tak perlu

Re: [budaya_tionghua] Mengapa Anak Babi Jalannya Nunduk?

2008-09-17 Terurut Topik Kurniawan
Hallo Ophoeng, pernah dengar lanjutan pertanyaannya belum? Kalau anak babi jalannya nunduk karena malu ibunya babi. Nah, kenapa kalau anak kelinci jalannya loncat-loncat? Jawabannya: Karena senang ibunya bukan babi Hehehe... Jadi kesimpulannya, kalau kelakuan kita buruk, bukan cuma anak atau

Re: [budaya_tionghua] Re: YIN YANG (was diskusi launching buku Tionghoa dalam cengkraman SBKRI)

2008-09-17 Terurut Topik Fy Zhou
Masalahnya di sini Pak!   Harry Tjan tak pernah mau terang2an mengkoreksi pandangan dan tindakannya di masa lampau! bahkan dalam tulisan untuk memperingati Sindunata dia masih memuji2 jasa dan kiprahnya. Dalam hal ini dia sama sekali tak berubah!   Yang berubah adalah, dia menyesuaikan diri dng