Re: [wanita-muslimah] Re: Yusuf Qardhawi Puji Islam di Indonesia - menuntut ilmu yg bermanfaat

2007-02-13 Terurut Topik oman abdurahman
Sepakat mas Chodjim, Banyak istilah2 dalam Al Qur'an, mengacu kepada field of meaning, merupakan kata2 kunci pelaksanaannya. Mari kita coba lihat untuk istilah dzikir dan amal, dan mungkin beberapa istilah lainnya yang seirama. Untuk dzikir, Al Qur'an menggunakan istilah khas: dzikron katsiron: ar

Re: Ralat sikit <-= Re: [wanita-muslimah] Re: Yusuf Qardhawi Puji Islam di Indonesia

2007-02-09 Terurut Topik oman abdurahman
Nah, mungkin perlu kamus Arab - English setingkat Hans Wehr untuk membantu pemahaman Al Qur'an berdasarkan etimologi (belum seni balaghoh, bayan, dll nya), belum lg tafsir dan ta'wil, selain yang muhkam, yang am dan yg khas. Profile kamus dan siapa bisa dilihat disini: http://www.amazon.com/Arabi

[wanita-muslimah] Meneladani Imam Ali kw dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

2007-02-06 Terurut Topik oman abdurahman
Maaf saya copy paste dari milist sebelah. Semoga bermanfaat: manAR Sumber: ICJ, 17 September 2002 PBB: Bangsa Arab Harus Meneladani Imam Ali bin Abi Thalib Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyarankan agar negara-negara Muslim menjadikan Imam Ali bin Abi Thalib sebagai teladan dalam menegakkan

Re: [wanita-muslimah] ACEH - IBU KOTA INDONESIA

2007-02-05 Terurut Topik oman abdurahman
Hahaha, Mas Ari...kau yang memulai dan kau yang melanjutkan. And then...kau pula yang mengakhiri? Jika ya, bah, maunya enak sendiri heuheu. manAR On 2/6/07, Ari Condrowahono <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > btw, tiba tiba jadi curious. kata dasar "mak erot", erotnya itu ebrasal > dari bahasa ara

Re: [wanita-muslimah] ACEH - IBU KOTA INDONESIA

2007-02-05 Terurut Topik oman abdurahman
Kata orang Sunda, pindah ibu kota ke Pelabuhan Ratu (Sukabumi) mah sudah ga aneh, sudah ada dalam wangsit hehehehe. Pindah ibu kota ke Sukabumi, saya kurang setuju, karena, Sukabumi secara morfologi sempit keberadaan daerah datarannya. Lagipula Sukabumi masih menghadapi ancaman letusan gunungapi (g

Re: [wanita-muslimah] Re: Tuhan yangTransenden was Pengaruh budaya arab - Thomas Carlyle

2007-02-03 Terurut Topik oman abdurahman
Pisaunya tajam Pak Janoko. Nabi Muhammad saaw bahkan akhir dunia pun sudah tahu. Dan karena itu beliau lebih sering menangis. Basariyah memang biasa, berjalan di pasar, dst, namun insaniahnya di atas manusia lainnya. "Sesungguhnya engkau di atas akhlaq yang agung", demikian pujianNya kepada khoiru

Re: [wanita-muslimah] Re: Energi (Monarki/teokrasi/demokrasi

2007-02-03 Terurut Topik oman abdurahman
Pak HMNA, Kenapa tidak dihidupkan lagi termodinamika ketel uap yang bahan bakunya air itu? Bukankah ilmu dan teknologi saat ini semakin canggih sehingga efisiensi ketel uap tsb sangat mungkin ditingkatkan? Atau mesin dengan bahan bakar air itu sama sekali tidak mungkin. Ditunggu pencerahannya, jug

Re: [wanita-muslimah] Fw: An Inconvenient Truth : GLOBAL WARMING CRISIS

2007-02-03 Terurut Topik oman abdurahman
Oh ya, sekalian sj...sy ada file ppt presentasi Dr. Mezak A Ratag, pada lounching Tahun Planet Bumi 2007-2009 baru-baru ini di auditorium museum geologi, Bandung. Yang berminat silahkan japri. Akibat-akibat pemanasan global sangat intens akhir-akhir ini, termasuk banjir di Jakarta kali dari segi s

[wanita-muslimah] Re: [Urang Sunda] Taman Eden, Atlantis sareng Sunda

2007-01-22 Terurut Topik oman abdurahman
Kang Faisal, Sakedik koreksi ngeunaan kaakuratan kalender Sunda (Kala Sunda). Numutkeun data ti Bah Ali, kaakuratan Kala Sunda langkung ti 80 taun sakumaha kapendak dina websitena: http://members.tripod.com/~INUG/Kala.htm Aya dua sistem Kala Sunda: 1. Solar Sistem (anu dumasar kana panonpoe); 2.

[wanita-muslimah] Kafir : Label Moral bukan Label Akidah

2007-01-19 Terurut Topik oman abdurahman
Kawan, Sebuah file dari arsip lama, dialog antara Mas Ulil dan Kang Jalal tentang "mereka" yang kafir: http://www.jalal-center.com/index.php?option=com_content&task=view&id=46 . Meski keduanya banyak ditampik di kalangan muslim di Indonesia, namun barangkali masih ada hikmahnya. Selamat membaca.

Re: [wanita-muslimah] Re: Warisan Wanita

2007-01-19 Terurut Topik oman abdurahman
Ikut nimbrung dikit: On 1/19/07, sriwening herpribadi <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > Dear ukhti Chae > = > Ketika Qur'an turun terjadi dialog dua arah antara wahyu dengan > masyrakat arab pada waktu itu. Jadi menurut saya tidak mungkin Qur'an > turun tanpa terikat oleh kondisi dan keadaan s

Re: [wanita-muslimah] Re: IRONI DI MASJID KUBAH EMAS DEPOK

2007-01-18 Terurut Topik oman abdurahman
Ada satu riwayat yang saya lupa persisnya, tapi isinya Nabi mempercepat bacaan sholat ketika ada anak kecil menangis. Sekali lagi, ini bagian dari dimensi sosial yang paling dominan dalam agama (Islam idealnya). Riwayat lain yang memperkuat hal itu sekaitan dengan sholat: ada keterangan yang membol

Re: [wanita-muslimah] [info] perkenalan kemudian.com situs komunitas penulis cerita

2007-01-16 Terurut Topik oman abdurahman
Great, Suatu benefit lagi dari dunia maya, internet. Dengan fasilitas dari keajaiban jaman IT ini, makin terbuka bagi setiap orang untuk mengaktualkan potensi dirinya. Alamat kemudian.com ini saya forward ke milist lokal asuhan teman-teman yang pada saat yang sama sedang rame-rame bikin cerita "ke

Re: [wanita-muslimah] Fwd: [diskusi-fatimah] ( OOT ): Adam Air..... [ Virus Free - PTI ]

2007-01-10 Terurut Topik oman abdurahman
Ups...maaf Mas Wikan, iya saya lupa. Sudah lama sih tidak fwd e-mail ke wm :) . Ya, ntar kalo sempat saya coba ubah dl file tsb ke text. Matur nuwun mas. manAR On 1/10/07, Wikan Danar Sunindyo <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > bukannya attachment ditolak di milis ini? > maaf mas oman, kalau ngiri

Re: [wanita-muslimah] Selingan: Puisi-puisi

2007-01-09 Terurut Topik oman abdurahman
Kayaknya sudah basi Bung Dana. Beberapa waktu yang lalu e-mail dengan isi seperti ini sudah ada yang memposting. Bagi yang aktif di beberapa milist hal itu juga merupakan perulangan-perulangan. Salam, manAR On 1/10/07, Dana Pamilih <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > "AKU" cipt. Yahya Zaini > > Aku

Re: [wanita-muslimah] Re: (Mahar) apakah UU PKDRT melarang pelaran gan bekerja?

2007-01-08 Terurut Topik oman abdurahman
u diselewengkan sama dia, ditambahi tabiatnya yang nakal. > > salam, > -- > wikan > http://wikan.multiply.com > > On 1/8/07, oman abdurahman <[EMAIL PROTECTED] > > wrote: > > > > Pake logika jalanan ya: > > > > Pertama, asumsi nya tidak realistis,

Re: [wanita-muslimah] Re: (Mahar) apakah UU PKDRT melarang pelaran gan bekerja?

2007-01-08 Terurut Topik oman abdurahman
Pake logika jalanan ya: Pertama, asumsi nya tidak realistis, karena di dalam satu kelas tidak mungkin anak-anaknya nakal semua. Itu secara umum lho, :) Membedakan mana ajaran guru dan mana yang bukan dari guru? Pada hakekatnya semua nya mulanya adalah ajaran guru karena, yang pertama diajarlan ol

Re: [wanita-muslimah] Re: moralitas (was : wanita bekerja,

2007-01-07 Terurut Topik oman abdurahman
Pak Jano-ko, Kita pikirkan yuk, bahwa pemikiran kritis seperti yang disampaikan pak Kartono itu mungkin relevan untuk masyarakat Indonesia - yang mayoritas muslim itu - saat ini. Bahkan, bukan "mungkin" lagi, tapi memang relevan untuk saat ini. Masjid tumbuh dimana-mana, bak cendawan di musim huja

Re: [wanita-muslimah] Benarkah 1 Januari Tahun Baru !

2007-01-02 Terurut Topik oman abdurahman
Sistem kalender dapat disusun dengan sangat akurat, baik berdasarkan matahari (solar system) maupun bulan (lunar system) asalkan perhitungannya dilakukan dengan cara yang seakurat mungkin berdasarkan fakta pengamatan benda-benda langit tersebut. Al Qur'an memang mengindikasikan penanggalan sistem l

Re: [wanita-muslimah] Happy Birthday

2007-01-01 Terurut Topik oman abdurahman
Selamat memperingati hari lahir (yang tidak dapat diulang :) ), Mas Dwi. Semoga panjang umur (umur yang bermanfaat), sehat wal afiat, jauh balai, dekat rezeki, bahagia sekarang dan yang akan datang. manAR On 1/1/07, Kartono Mohamad <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > Mas Dwi, selamat memperingati h

Re: [wanita-muslimah] Re: Perempuan Harus Jadi Pelopor Gerakan Ahlak Mulia

2006-12-30 Terurut Topik oman abdurahman
Wah. kata siapa Mbak? Dunia itu sangat feminim. Ia diciptakan atas dasar "feminisme"-nya atau jamaliahnya Tuhan. Maskulinisme hanya complementer sifatnya. Adapun penataan atau kebijakan yang tampak seperti maskulin bgt itu memang ditujukan utamanya untuk kaum maskulin atau kemaskulinan (jalaliyyah)

Re: [wanita-muslimah] Sayyidah Sukayna binti Hussein (Re: Seri 758 Nabi Muhammad SAW Melarang 'Ali ibn Abu Thalib RA Berpoligami?)

2006-12-25 Terurut Topik oman abdurahman
Ternyata, golongan yang sering disebut madzhab Ahlul Bayt dalam fiqh atau Syi'ah dalam politik itu tidak mendukung poligami ya? Sangat menarik untuk dikaji lebih jauh. manAR On 12/26/06, Dwi W. Soegardi <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > Dalam posting sebelumnya saya menyebutkan seorang cucu perem

Re: [wanita-muslimah] Seri 758 Nabi Muhammad SAW Melarang 'Ali ibn Abu Thalib RA Berpoligami?

2006-12-24 Terurut Topik oman abdurahman
Pak Wikan, Dalam bahasa/budaya arab, sedikitnya ada 3 cara/jenis nama seseorang. Pertama, nama asli yang dikaitkan dengan nama orangtuanya (biasanya bapaknya). Ini kalau tidak salah disebut "kuniah", conto: Ali bin Abi Tholib, nama asli: Ali, nama bapaknya: Abu Tholib . Kedua, nama yang dikaitkan

Re: [wanita-muslimah] Istri Muda & Istri Tua Cipika-Cipiki di Bundaran

2006-12-22 Terurut Topik oman abdurahman
Setuju. Poligami adalah bagian dari syari'at yang pelaksanaannya sangat ketat, semacam katup pengaman dalam mesin. Tentu saja, sebelumnya uang atau harta yang digunakan untuk poligami itu harus berasal dari sumber yang halal. Stuju jg, demo-demo minimal harus seimbang :) . Bisa dikategorik

Re: [wanita-muslimah] PBB Minta RI Pantau Prilaku Agen Penyalur Tenaga Kerja

2006-12-22 Terurut Topik oman abdurahman
soal poligami ga usah di toel > > pun udah mbrus semua.. ;-) > > > > Tapi ayee yakin setelah ini pasti ada respon... > > kita buktikan aja... Kalo gaa keterlaluan > > bange.. > > > > Sebenarnya ini tugas qt semuaa... tapikan biasanya >

Re: [wanita-muslimah] Kesolehan Sosial?-->Re: Pakaian Sholat

2006-12-22 Terurut Topik oman abdurahman
Setuju, keimanan sangat pribadi dan tidak ada istilah taqlid untuk keimanan. Iya juga dibangun selama hidup. Adapun dalam ibadah ritual konsepnya lebih merupakan konsep spesialisasi. Maksud saya, sebagaimana dalam keilmuan kita nunut kepada para master di bidangnya masing-masing, demikian juga dala

Re: [wanita-muslimah] PBB Minta RI Pantau Prilaku Agen Penyalur Tenaga Kerja

2006-12-21 Terurut Topik oman abdurahman
ener ga... Kalo gaaa.... Caffeee > dehhh... > > Salam Caff dehhh > > > oman abdurahman <[EMAIL PROTECTED] > wrote: > Akan lebih powerful apabila milist yang menyandang nama "wanita" atau > "keluarga" dan sejenisnya membahas dan mendiskusikan s

Re: [wanita-muslimah] PBB Minta RI Pantau Prilaku Agen Penyalur Tenaga Kerja

2006-12-21 Terurut Topik oman abdurahman
Akan lebih powerful apabila milist yang menyandang nama "wanita" atau "keluarga" dan sejenisnya membahas dan mendiskusikan secara panjang lebar bagaimana mencegah praktek menyesatkan pada broker TKW ini yang sudah banyak terbukti atau boleh dibilang broker penindasan para wanita Indonesia. Sejak id

Re: [wanita-muslimah] Re: Mahabarata - Al Qur'an

2006-12-18 Terurut Topik oman abdurahman
Ya mirip dengan mitos "mal aria" - udara yang buruk - yang dianggap sebagai penyebab penyakit malaria. Mitos itu kini gugur dengan terbuktinya penemuan sumber penyakit malaria yang diyakini saat ini. Mitos dapat dijumpai di bangsa apa saja, dan dimana saja; di jaman dulu maupun jaman moderen. manA

Re: [wanita-muslimah] Re: Mahabarata - Al Qur'an

2006-12-18 Terurut Topik oman abdurahman
Mbak Mia, mohon pencerahan nih. Beberapa ahli atau pemerhati mensugestikan bahwa fenomena ufo dan alien itu dalam kasus kebudayaan Mesir kuno bener kejadian. Faktanya, katanya, evolusi atau tranformasi kebudayaan Mesir itu rada "mahiwal" alias lain sendiri. Ada dugaan, bangsa Mesir ditransformasika

Re: [wanita-muslimah] Mahabarata - Al Qur'an

2006-12-17 Terurut Topik oman abdurahman
Sepakat Mas St Sabri, memang Mahabrata atau pun Ramayana menyajikan reakl kehidupan manusia. Tokoh-tokoh sepeti Karna atau Kumbakarna amatlah menggemaskan. Mirip-mirip dengan ending sebuah film yang menyisakan permenungan karena akhirnya tidak sesuai dengan harapan umumnya penonton. Ya, fakta adak

Re: [wanita-muslimah] Re: JANOKO : (was : Kajian mengupas tentang kebohongan NATAL

2006-12-17 Terurut Topik oman abdurahman
; tapi dalam cerita pewayangan para dewa seringkali di jadikan mahkluk > yang juga mempunyai sisi negatif/kelemahan. Begitu juga dengan para > tokoh kurawa walau pada dasarnya menjadi pihak yang "jahat" tapi > mereka pun digambarkan mempunyai sisi positif. > > --- In wanit

Re: [wanita-muslimah] Re: Hermeneutika dan Fenomena Taklid Baru

2006-12-17 Terurut Topik oman abdurahman
i > Al-Muthahharuun (orang-orang yang disucikan)". > > Apakah yang disebut "Al-Muthahharrun" ini adalah manusia-manusia yang > dianggap berhak menafsirkan itu? > > Terima kasih. > > salam, > > muhkito > > --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com , >

Re: [wanita-muslimah] Re: Hermeneutika dan Fenomena Taklid Baru

2006-12-16 Terurut Topik oman abdurahman
Hermeneutika saya kira adalah kegiatan level prabu atau bengawan. Banyak syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai level penafsir/hermeneutis. Jika di dunia akademis, seorang specialis atau level doktor barangkali yang tafsirannya bisa diandalkan. Dalam bidang agama, tuntutannya lebih tinggi. Pali

Re: [wanita-muslimah] JANOKO : (was : Kajian mengupas tentang kebohongan NATAL

2006-12-16 Terurut Topik oman abdurahman
Setujuwah banyak pemahaman yang sama dengan Mas Sutan nih (meskipun banyak jg yang beda :) ). Bahwa Janoko atau nama populernya adalah Arjuna adalah putera panengah pendawa (yang no 3 dari 5 bersaudara). Nama lain belio adalah: Permadi. Setuju juga, bahwa karakter sebenarnya dari Janoko wayang

Re: [wanita-muslimah] Fw: Kajian mengupas tentang kebohongan NATAL

2006-12-16 Terurut Topik oman abdurahman
Ya, saya pernah membaca pembahasan serupa dalam buku Rashad Khalifa, akhir tahun 1980-an jauh sebelum membaca tulisan pak HMNA. Kalo tidak lupa, beliau - Rashad Khalif- itu insinyur pertanian dari Mesir ya? Membaca tulisan Pak HMNA tentang keajaiban angka 19 dalam Al Qur'an serasa membaca tulisan b

Re: [wanita-muslimah] Cinta Dan Kasih Sayang

2006-12-13 Terurut Topik oman abdurahman
Jika Al Qur'an menggunakan (baca: membedakan) beberapa istilah untuk makna serumpun, tentulah ada maksud-maksud yang spesifik dengan istilah-istilah tersebut. Let's saya istilah "cinta" (yang diterjemahkan dari "mawaddah") dan "kasih sayang" (sebagai terjemahan "rahmah"). Nah, mohon pencerahan, apa

Re: [wanita-muslimah] Filosofi Sunnah Sosial

2006-12-12 Terurut Topik oman abdurahman
Ikut share saja dikit, itu pun bukan tentang subtansi persoalannya, melainkan berkenaan dengan peristilahan yang digunakan. Yang saya maksud adalah istilah "sunnatulloh" vs "hukum alam" (semuanya bolehlah kita sebut sebagai hukum Tuhan). Apabila kita menukik ke medan makna (filed of meaning) bagaim

Re: [wanita-muslimah] Nabi Tidak Shalat Iesya (was : Zinah Lebih Baik dari Poligami??

2006-12-08 Terurut Topik oman abdurahman
Mas Fauzan itu bisa mikir engga ya? Mengambil hadist ya jangan asal tercantum dalam salah satu kitab hadist dan rawi atau sanadnya sudah benar (menurut ilmu hadist). Apa mas Fauzan tidak mendahulukan Al Qur'an? Bukankah Al Qur'an mengatakan bahwa Nabi saw itu uswatun hasanah? Dan, apakah mengkilir

Re: [wanita-muslimah] Allah maha pencemburu?

2006-12-07 Terurut Topik oman abdurahman
Wa'alaikum salam wr wb., Ungkapan "Alloh Maha Pecumburu" saya kira berasal dari tradisi tasawuf/sufi (mohon maaf lupa persisnya, karena itu saya gunakan ungkapan "saya kira"). Benar, dalam Asma al Husna (yang seratus itu, sebab dalam madzhab lain ada untaian asma al Husna yang jumlahnya 1000, bah

Re: [wanita-muslimah] GULA : "Boykot Produk AS",

2006-11-26 Terurut Topik oman abdurahman
Benar Kang Sabri, penjajah saja dulu sudah mencoba memodernisasi pola kebun tebu berikut industri gula-nya (dari Jawa dipindahkan ke Lampung; dari sistem sewa lahan tahunan ke sewa lahan 5 tahunan). Salah satu yang waktu itu dihindari penjajah adalah sistem sewa lahan yang masih tahunan. Industri g

Re: [wanita-muslimah] Re: Dilema atlet putri berjilbab di Asian Games

2006-11-05 Terurut Topik oman abdurahman
Mas Arcon, Persis pendapat teman saya, dosen di UIN yang jg aktivis milist psikologi transformatif. Belio bilang, pertama-tama, sebelum percaya Tuhan, percaya dulu diri sendiri. Sebab how can...Bagaimana bisa kepercayaan kepada Tuhannya itu real kalo dia sendiri ga percaya ama dirinya sendiriw

Re: [wanita-muslimah] Re: Dilema atlet putri berjilbab di Asian Games

2006-11-05 Terurut Topik oman abdurahman
Ngomong-ngomong kasus "playing as God", suka teringat kisah Khidir as dan Nabi Musa as. Jangan-jangan - dengan motif yang bukan motif profan atau duniawi, mengacu pada kisah Khidir as dalam tiga tindakannya saat bersama Nabi Musa as - "playing as God" itu menjadi keharusan. Dalam kesadaran diri dan

Re: [wanita-muslimah] Re: Dilema atlet putri berjilbab di Asian Games

2006-11-05 Terurut Topik oman abdurahman
Sebagai perbandingan: penyertaan Tuhan terhadap manusia dibedakan antara penyertaan yang umum dan penyertaan khusus untuk orang-orang yang sabar. Maksud saya, Al Qur'an menggunakan istilah teknis - bhs Arab - "ma'a" untuk dua kasus (artinya: dibedakan). Yang pertama, Alloh bersamamu dimana pun kamu

Re: [wanita-muslimah] 18 Ribu Warga Purwakarta Buta Huruf

2006-10-31 Terurut Topik oman abdurahman
Ada sedikit data dari Dr. H. Tb. Rachmat Sentika, SpA, MARS (akrabnya: Pak dokter Memet), Satgas Perlindungan Anak PP. IDAI ([EMAIL PROTECTED]) tentang kondisi butahuruf di Indonesia, sbb: * Buta Huruf: - Nasional 6,5% (Laki-laki), 14,3% (Perempuan) - Provinsi Jabar 4,8% (L), 10,8% (P) - Kabupaten

[wanita-muslimah] Kang Jalal dan Bidadari di Surga itu

2006-10-29 Terurut Topik oman abdurahman
Sahabat, Untuk yang merayakan lebaran, dalam kesempatan ini saya menghaturkan: "Minal a'dziina wal fa idziina, taqobbalallohu minna waminkum, shiamana wa shiamakum, mohon maaf lahir bathin". Beberapa waktu yang lalu di milist ini ada topik tentang atau yang menyangkut Kang Jalal (Prof. Dr. Jalalu

Re: [wanita-muslimah] OOT: Ngasih Kabar...

2006-10-14 Terurut Topik oman abdurahman
Kita lanjutkan ya mitologi jawanya (sunda jg hehehe). Kakang kawah dan adi ari-ari ini, kata yg mpunya cerita, menyertai hidup kita meski kita tidak sadar. Artinya, keduanya jg hidup di alam yang meski tak kelihatan, tapi real. Lalu, pada saat manusia itu meninggal, ia harus kembali ke darimana ia

Re: [wanita-muslimah] OOT: Ngasih Kabar...

2006-10-13 Terurut Topik oman abdurahman
Selamat mendapat momongan kepada Pa Kinantaka. Semoga puteranya jadi anak yang sholeh, berbakti kepada orang tuanya, menyenangkan pandangan orang tuanya di waktu kecil, berbakti kepada orangtuanya, berguna bagi masyarakat setelah, selamat sekarang dan yang akan datang. Amin. salam, manAR On 10/1

Re: [wanita-muslimah] Re: SALAFY - Syariat dan Kelompok Sesat

2006-10-13 Terurut Topik oman abdurahman
Bukankah SPK itu = Surat Perintah Melaksanakan Kerja? manAR On 10/13/06, Mia <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > Iya lucu ni. > Kayaknya bukan sekali ini netter keseleo PKS = Pekerja Seks > Komersial. Dulu siapa tuh nulisnya nggak sengaja jadi PKS, tapi Pak > Arde ini kayaknya emang sadar nulisnya PK

Re: [wanita-muslimah] Dari Kantor Berita Common Ground - 10 - 16 Oktober 2006

2006-10-13 Terurut Topik oman abdurahman
Kang Radityo, Dalam tradisi Sunda, semboyan "Silih Asih, Silih Asah, Silih Asuh" (SILAS: susunannya memang begitu, bukan "Asah" dulu; kata "Silih" itu sendiri telah diterjemahkan dalam tulisan yang dikutip Kang Radityo menjadi "saling" dan itu cukup memadai) memiliki makna tertentu. Sedikitnya, ma

Re: [wanita-muslimah] Press Release: Pesantren Virtual hadirkan Program Administrasi Sekolah

2006-10-08 Terurut Topik oman abdurahman
au joomla. > Untuk portal, CMS seperti ini sudah cukup bagus, > tapi kalau mau ditingkatkan untuk online course, > bisa disarankan untuk mencoba moodle atau barangkali yang sudah dikerjakan > PV. > > salam, > DWS > > On 10/8/06, oman abdurahman <[EMAIL PROTECTED]> wro

Re: [wanita-muslimah] Press Release: Pesantren Virtual hadirkan Program Administrasi Sekolah

2006-10-08 Terurut Topik oman abdurahman
Kang Sabri, Ini bukan soal software, tapi masih sekitar pesantren online. Sewaktu saya mengikuti kegiatan "Daurah Tingkat Nasional Pengembangan Keulamaan Pondok Pesantren" yang pertama di Garut, Jabar 13 bulan yang lalu, sebagai tim proceeding dalam acara tersebut, saya sempat berkenalan dan mengi

Re: [wanita-muslimah] Re: Yusril Nikahi Gadis Belia+syariat islam a la PBB

2006-09-20 Terurut Topik oman abdurahman
Ngomong-ngomong soal kadal, kadal punya agama ga ya? keberagamaan gaya kadal, mungkin ada hehehe. Serang sini, serang sana, siku t sunu, sikat sana. manAR On 9/20/06, Chae <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > Gimana enggak percaya...pada dasarnya laki-laki memang komodo;) > > Kayaknya pelajaran "empat

Re: [wanita-muslimah] Re: Anggota DPR rumpiin Yusril - Rika

2006-09-19 Terurut Topik oman abdurahman
Tenang saja, autis sekarang sudah ada obatnyaGa bisa diobati jg gpp...bisa jadi aset, sudah besar nanti bisa nulis buku pengalaman jadi anak autis ...bisa betseller lho bukunya. manAR On 9/20/06, Mia <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > Ei...yang penting tatih-tayang? > Bagaimana kualitas sper

Re: [wanita-muslimah] Re: Yusril Nikahi Gadis Belia+syariat islam a la PBB

2006-09-19 Terurut Topik oman abdurahman
Tidak hanya berdasar konstruksi sosial saya kira. Nature-nya juga memang beda antara ce dan co dalam apa yg dirasakan, nuansa dan faktor pencetus/dorongan, sampai pada "kepuasan" dari sex. Saya kira sudah banyak yang membahas topik ini. manAR On 9/20/06, Chae <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > terim

Re: [wanita-muslimah]PRP-Jepang(was: Yusril Nikahi Gadis Belia

2006-09-19 Terurut Topik oman abdurahman
Surga ada di bawah telapak kaki ibu, neraka juga disana kayaknya (makhum mukholafah saja dari hadist masyhur itu). Surga dunia..sudah pada tau definisinya. Neraka dunia? kata seorang ahli : rumah tangga yang berantakan. Wallohu'alam. manAR On 9/20/06, Dwi W. Soegardi <[EMAIL PROTECTED]> wrot

Re: [wanita-muslimah] Re: Yusril Nikahi Gadis Belia+syariat islam a la PBB

2006-09-19 Terurut Topik oman abdurahman
Bentar bang, pembahasannya baru bab/halaman "abstract", masih jauh dari kesimpulan. Apalagi pake musti-mustian, nanti jadi brajamusti (weleh...jadi perguruan korban perceraian lagi) manAR On 9/19/06, irwank <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > Jadi kesimpulannya gimana? > > - Musti punya kekayaan

Re: [wanita-muslimah] Re: Yusril Nikahi Gadis Belia+syariat islam a la PBB

2006-09-19 Terurut Topik oman abdurahman
Agak ngeri juga kalo sudah bayang membayang ini. Bagaikan makan duren. Katanya, saat yang paling nikmat makan duren adalah saat membayangkannya. manAr On 9/19/06, Kinantaka <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > mas irwank... > > jandanya Rika mau ga? kalau sampeyan juga mau, berarti mulai sekarang kita

Re: [wanita-muslimah] Re: Yusril Nikahi Gadis Belia+syariat islam a la PBB

2006-09-19 Terurut Topik oman abdurahman
Ga punya isteri juga dicela. Kelebihan isteriapalagi. Heheh. Bang Yusril...selamat yach, sudah menaklukan dunia ...eh jepang atau...ditaklukan oleh jepang...atau tak ada takluk-taklukan. Konteknya sinergi, bukan saling menaklukan. Semoga saja tidak sebagaimana dilukiskan oleh salah sebuah

Re: [wanita-muslimah] Upaya Penghentian Luapan Lumpur Porong, Skenario III Butuh 91 Hari

2006-09-09 Terurut Topik oman abdurahman
Kawan, Tadi siang ada obrolan ringan yang bukan obrolan ilmiah - karena datanya hanya mengandalkan ingatan dari laporan2 resmi yang ada selama ini - dari kasus lumpur Lapindo. Inti obrolan adalah salah satu aspek yang terbilang fenomenal dalam kasus semburan lumpur mud volcano: kandungan air yang

Re: [wanita-muslimah] Ketika Masjid (kembali) Menjadi Menara Gading

2006-09-08 Terurut Topik oman abdurahman
Wahketinggalan jaman saya ini. Ternyata aktivis mesjid Salman sejak tahun 1994 didominasi oleh harokah. Bisa diceritakan lebih lanjut mas Herri, bagaimana "perbutan" aktivis itu berlangsung dan bagaimana corak kegiatan Masjid Salman akhir-akhir ini? Ikut urun rembug dalam topik yang Mas Herri k

Re: [wanita-muslimah] Re: Preman

2006-09-05 Terurut Topik oman abdurahman
Kalo ga salah, thread awal diskusi ini adalah:"apakah preman bisa disadarkan lewat pengajian?". Untuk beberapa kasus, pertanyaan tsb telah terjawab dan jawabannya adalah bisa (sejauh pengalaman Pak HMNA dan yang lainnya). Pengalaman di jaman Nabi saw juga menunjukkan demikian (kasus Syaidina Umar

Re: [wanita-muslimah] ISLAMI -->Re: Salam dari UK

2006-08-30 Terurut Topik oman abdurahman
Wah jika seks dianggap "kotor" atau "yang panas-panas", kok lain ya dengan pendapatnya Ibn Arabi, seorang syeik sufi yang mendapat gelar "Sufi Al Akbar". Beliau dalam salah satu paparan pada sebuah bukunya mengatakan bahwa manusia mungkin "melihat" Yang Maha Realitas itu yaitu pada saat suami ister

Re: [wanita-muslimah] Re: Macet Itu Asyik loh..

2006-08-30 Terurut Topik oman abdurahman
Wah mesti ada yang jelaskan ke Mas Wida neh, soal BJ. Kasihan nanti diskusi tentang kemacetan jadi macet gara-gara BJ. Untuk mas Wida, saya benar-benar "kagum", sampai seusia Anda saat ini masih belum paham istilah BJ (diluar definisinya yang berkaitan dengan minuman keras). Bukankah ada banyak buk

Re: [wanita-muslimah] Nikah Antar Suku

2006-08-29 Terurut Topik oman abdurahman
Bang Sabri dan Teh Aisha, Sebagaimana sering saya tulis di milist daerah yang saya ikuti, larangan nikah antar suku merupakan mitos belaka. Bahkan ada kesan bahwa larangan tsb merupakan politik penjajah dahulu yang hendak mengadu domba antar suku bangsa di NKRI ini, khususnya dalam kasus mitos lar

Re: [wanita-muslimah] Pandangan Islam Tentang Sikap Fanatik

2006-08-27 Terurut Topik oman abdurahman
Mas Agus, Kebalikan dari sikap fanatik, saya kira semua sepakat, adalah sikap toleran (Bhs Arab: *hilm*). Imam Ja'far a.s atau sahabat Nabi Ja'far ibn Ali r.adalam salah sebuah hadistnya (demikian madzhab itu mengkategorikan ujaran-ujaran tertentu daripadanya dan imam-imam lainnya sebagai hadist j

Re: [wanita-muslimah] Re: Selamat Kelahiran Putri mas Irwan

2006-08-23 Terurut Topik oman abdurahman
Mas Irwan, Walaupun agak lambat, karena cinta itu "walaupun" dan bukan "karena" :), saya pun turut mengucapkan selamat atas kelahiran putri mas Irwan. Do'anya ngutip dari Al Qur'an ya, semoga mendapat berkah daripadanya. Semoga putri mas Irwan sabagaimana dilukiskan dalam do'a untuk Yahya a.s saat

Re: [wanita-muslimah] Re: Mengapa Sayidina Ali ra, Karamallahu Wajhah Menunggang Keledai

2006-08-23 Terurut Topik oman abdurahman
Salah satu makna mama "syaidina" adalah "tuan kami semua" atau "yang dipertuan oleh kami semua". Sebatas do'a dan pengharapan, nama itu biasanya diumumkan oleh pihak keluarga. Hal itu boleh-boleh saja, sebagaimana nama "maulana" (pemimpin kami semua atau yang harus kami semua pimpin, tergantung kon

Re: [wanita-muslimah] Berhubung Kita Sudah Otonomi Daerah.. Versi Minangnya Kok Paling Lucu....:-)

2006-08-17 Terurut Topik oman abdurahman
Salah satu slogan menjelang ultah hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2006: "Merah Bajuku, Putih Dalemanku, Merdeka!!! (disalin dari status yahoo messenger salah satu teman yang sedan chat dengan salah satu finalis puteri Indonesia, 2005) manAR On 8/18/06, Darwin Bahar <[EMAIL PROTECTED]> w

Re: [wanita-muslimah] HMNA : Penghina Nabi s.a.w

2006-08-17 Terurut Topik oman abdurahman
Berdasarkan riwayat-riwayat yang pernah saya dengar, sikap Nabi saw terhadap "penghinanya" ada dua: memaafkan dan menghukumnya dengan tegas. Pemaafan ada yang berupa pemaafan langsung (kasus orang yang menyerang Nabi saw dengan pedang) dan ada pemaafan (tidak menghukumnya) namun diganti dengan peng

Re: [wanita-muslimah] Fw: Menatap Wajah Hizbullah Dari Iran

2006-08-16 Terurut Topik oman abdurahman
Terimakasih infonya, Mas Wida, Inilah berkah milist/internetan. Secara merdeka, setiap orang bisa share kesaksian, pendapat atau apa yang diperolehnya. Tak terkecuali tentang "perang" nun jauh disana. Tanpa perlu melengkapi jenis kelamin, kebangsaan, aliran yang dianut, dsb, setiap orang dapat men

Re: [wanita-muslimah] Israel Menggunakan Senjata Kimia !

2006-08-03 Terurut Topik oman abdurahman
Saya agak sependapat dengan Mas Dwi : beritanya masih prematur. Demikian pula, saya sepikiran dengan Mas Ambon: jika Libanon ancur kena senjata kimia, Israel juga, dong. Namun, kemungkinan lain perlu dipikirkan. Bisa jadi, jenis senjata kimia tersebut persebarannya sudah terukur dalam radius terte

Re: [wanita-muslimah] Fw: Pembuat Karikatur Rasulullah SAW terbakar hidup2

2006-08-03 Terurut Topik oman abdurahman
PAk Wida, Giliran berita kejadian pasca munculnya karikatur remehan tersebut ini kok sepi dari komentar ya? Jangan-jangan, jika ada satu keyakinan sebagai refleksi dari kejadian akhir hayat pembuat karikatur tersebut ada kekhawatiran, khawatir yakin akan mitos, hehehe. Kemarin-kemarin, sejak baca

Re: [wanita-muslimah] Re: "Geowisata Sejarah Bumi Bandung"-->Sebuah model buku panduan wisata lingkungan kita

2006-07-30 Terurut Topik oman abdurahman
0,- (belum termasuk ongkos kirim) salam, manAR On 7/30/06, Radityo <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > Boleh dong Pak Oman. > > Bisa beli dimana buku itu? > > > Nuhun > > > --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "oman abdurahman" > <[EMAIL PROTECT

[wanita-muslimah] "Geowisata Sejarah Bumi Bandung"-->Sebuah model buku panduan wisata lingkungan kita

2006-07-29 Terurut Topik oman abdurahman
Kawan, Amatlah jarang buku tentang geowisata (salah satu bagian dari wisata lingkungan) di negeri ini, apalagi buku tentang hal tersebut yang berbentuk panduan praktis, full colour, dan tidak kering dari pengetahuan subtansinya, termasuk local knowledge. Kelangkaan ini setidaknya sekarang mulai te

Re: [wanita-muslimah] The Third World War & It's Aftermat

2006-07-13 Terurut Topik oman abdurahman
Bismillahirohmaanirrohim, Ya dalam keyakinan salah satu tradisi dalam Islam, perang besar itu dinubuwahkan akan terjadi. Perang besar yang mendahului kehadiran al-Mahdi dan Yesus atau Nabi Isa as (jadi bertolak belakang dengan keyakinan Mas Huttaqi ya yang berkeyakinan Yesus tak akan turun kembali

Re: [wanita-muslimah] Fw: Zidane: Materazzi insulted my mother and sister

2006-07-12 Terurut Topik oman abdurahman
Bravo, Jika itu alasan Zidane, saya sangat mendukung beliau. Kehormatan ibu dan saudara perempuan di atas segalanya. Begitulah seharusnya manusia berjuang, lepas dari istilah teknis feminisme atau sebangsanya. salam, manAR On 7/13/06, jano ko <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > Salam sepak bola, > >

Re: [wanita-muslimah] Gunung Merapi Meletus?

2006-06-09 Terurut Topik oman abdurahman
Official site untuk informasi G. Merapi dapat diakses pada alamat-alamat berikut: http://bpptk.vsi.esdm.go.id/ (BPPTK, Yogyakarta) http://www.vsi.esdm.go.id (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi/PVMBG) http://202.154.24.126/bgl/index.php?option=com_content&task=view&id=6&Itemid=8 (situs s

Re: [wanita-muslimah] deteksi dini gempa [keluarga-sejahtera] Re: Rengeng-Rengeng: Mbah Maridjan

2006-06-08 Terurut Topik oman abdurahman
Kalau soal peta tumbukan lempeng, para geolog sudah membuat petanya, bahkan cukup rinci. Satelit juga sudah banyak gentayangan di angkasa kita ini. Dengan mengakses website usgs (badan geologi-nya USA; www.usgs.gov) misalnya, kita dapat memperoleh keterangan rinci tentang kejadian gempa; dan denga

[wanita-muslimah] Gempa Jogjakarta (Merapi pun masih meluncurkan awan panasnya: semoga Mbah Maridjan selamat)

2006-05-27 Terurut Topik oman abdurahman
Kawan, Hari ini sekitar pk 05.00 pagi terjadi musibah gempa bumi dengan kekuatan 5,9 SR (ada pula yang berpendapat 6,2 SR) di Jogjakarta dan sekitarnya, banyak diantara kita sudha tahu itu. Turut berduka ata kejadian bencana gempa bumi di Jogjakarta. Semoga yang meninggal dalam bencana tersebut

Re: [wanita-muslimah] Mana yang lebih urgent ?

2006-05-26 Terurut Topik oman abdurahman
Ikut gabung. Saya berpendapat: lebih urgent menyelesaikan masalah kemanusiaan dan keadilan sosial di dalam negeri sendiri terlebih dahulu. Maaf jika saya sering menggunakan istilah-istilah - yang mungkin bagi sebagaian orang termasuk istilah langit - kemanusiaan, keadilan sosial. Karane intinya

Re: Balasan: Re: [wanita-muslimah] Re: Pelecehan Islam di IAIN

2006-05-25 Terurut Topik oman abdurahman
Kalo terjadi ancaman seperti yang dilontarkan oleh Pa Bejo Paijo ini siapa coba yang pertama kali "menggakli kapak peperangan"? Kelompok yang melakukan penghinaan terhadap Al Qur'an dan para pendukung kelompok tersebut atau kawan-kawan seperti Pa Bejo dan jutaan ummat Islam lainnya (oh...andai m

Re: [wanita-muslimah] Re: [zamanku] Hanya Satu untuk Penghujat Nabi, "Vonis Mati!"

2006-05-24 Terurut Topik oman abdurahman
Wah pak dokter, gitu saja bingung. Ya ialah, manusiawi dan juga idealogis dan sosialis. Ada saatnya kita harus lembut dan opemaaf, ada saatnya harus tegas dan keras. Bahkan ilahiah. Bukankah Tuhan pun demikian, penuh paradoks? Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Lahir dan Yang Batin, Maha Pemaaf sekalig

Re: [wanita-muslimah] Re: Nikah Mut'ah

2006-05-23 Terurut Topik oman abdurahman
Masih berlanjut juga diskusi tentang Mut'ah? Tanpa bermaksud "mempopulerkan" modus nikah tersebut, saya kira apabila kita membuka mata dan lapang dada untuk menyimak argumentasi madzhab yang membolehkan nikah mut'ah (walau dalam prakteknya tidak begitu populer juga), kita akan memahami alasan-a

[wanita-muslimah] Re: [Urang Sunda] ngawangun lemah cai.

2006-05-21 Terurut Topik oman abdurahman
Wilujeng wengi Teh Ana, Kenging ngiringan? komentar sareng sababaraha catetan singget wae: 1) Ieu seratan salira anu tiasa kaetang peta intropeksi diri, kalintang ageung ajenna. Langkung ageung deui ajenna, upama diteraskeun ku lengkah kongkret lajuninglakuna (follow up-na). Upamana wae, lengk

Re: [wanita-muslimah] Mbah Maridjan Menolak Mengungsi

2006-05-13 Terurut Topik oman abdurahman
Boleh juga kita membandingkannya dengan informasi yang terdapat dalam situs ini: http://www.iagi.or.id/index.php?name=News&file=article&sid=254 dan ini http://www.iagi.or.id/index.php?name=News&file=article&sid=260 juga ini http://volcano.und.edu/vwdocs/current_volcs/merapi/merapi.html dan yang

Re: [wanita-muslimah] Memuliakan Wanita (oleh Mujianto)

2006-05-10 Terurut Topik oman abdurahman
Maaf jika topik ini sudah agak melenceng dari aslinya. Saya hanya menyampaikan koreksi kecil sehubungan dengan basa Sunda yang digunakan Mbak Chae dan telah dikoreksi Mbak Aisha. Semoga bermanfaat. Prinsipnya, bahasa Sunda yang digunakan Mbak Chae benar, baik dalam vocab. maupun grammar (strukt

Re: [wanita-muslimah] Re: Apa, Bukan Siapa

2006-05-05 Terurut Topik oman abdurahman
On 4/26/06, ritajkt <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "oman abdurahman" > <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > > > Hlo kenapa ditutupi segala Pak? > Apakah maksudnya "malu"...? ==> Hehehe...canda sj.

Re: [wanita-muslimah] Fw: Apa Yang Menimpa Masjid Al-Aqsha Pada Tahun 2007 ?

2006-05-03 Terurut Topik oman abdurahman
Mas Wida, Ayat 4-8 surah Bani Israil ini menurut segolongan penafsir berkaitan dengan ramalan kehancuran kaum zionis (Bani Israil yang berbuat kerusakan). Yang menarik adalah "ramalan" tentang perbuatan merusak di muka bumi dari Bani Israil (zionis) yang dua kali itu. Apakah dua-duanya saat ini

Re: [wanita-muslimah] GO MORALES GO...!

2006-05-02 Terurut Topik oman abdurahman
Di Indonesia, jangankan menasionalisasikan perusahaan gas dan minyak yang ada, yang baru mau dibuka juga diantarkan ke bangsa lain. Prof. R.PKoesoemadinata - pensiunan guru besar geologi itu- yang boleh dibilang penemu blok Cepu, sudah sejak 15 tahunan lalu wanti-wanti, bahwa blok Cepu itu aset

[wanita-muslimah] Kenangan pada Sastrawan Besar Pramoedya Ananta Toer

2006-05-01 Terurut Topik oman abdurahman
Kawan, Entah apa yang harus kusampaikan dalam mengenang kepergian beliau, sastrawan besar, Pramoedya Ananta Toer. Akupun merasa tak berkompeten untuk menulis semacam in memoriam tentang beliau. Selain karena minimnya buku-buku beliau yang kubaca, juga aku tidak punya pengetahuan sedikitpun tent

Re: [wanita-muslimah] Re: Efek Lokal dan Temporal ("kafirun")

2006-04-28 Terurut Topik oman abdurahman
? > OK, ada pula yang berpendapat, "kalo sudah pernah dengar tentang > Islam, maka wajib baginya untuk mencari informasi yang benar tentang > Islam. Makanya dia tetap harus tanggung jawab." > Hmmm, bagaimana kalau Anda berada pada posisi nonmuslim, terlahir dan > dibesarkan s

Re: [wanita-muslimah] Re: Efek Lokal dan Temporal ("kafirun")

2006-04-25 Terurut Topik oman abdurahman
Menurut Muthahhari, ulama Syi'ah, orang-orang seperti yang disebutkan oleh Mbak Chae ada kemungkinan mereka termasuk orang Islam dalam pandangan Alloh. Kondisi tidak menganut syari'at tersebut dapat disebabkan beberapa hal: 1) informasi syari'at Islam (yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw) benar-b

Re: [wanita-muslimah] Apa, Bukan Siapa

2006-04-25 Terurut Topik oman abdurahman
Setahu saya, ungkapan "undzur ma qoola walaa tandzur man qoola" (dengarlah/perhatikan isi pembicaraan dan tidak usah melihat/memperhatikan siapa yang berbicaranya) adalah ungkapan yang berasal dari Syaidina Ali kw (saya nutup muka dengan kelima jari tangan dari Mbak Mia hehehe). Untuk itu, lihat

Re: [wanita-muslimah] Kebaikan dengan ketulusan

2006-04-25 Terurut Topik oman abdurahman
Mas Agus, Jika kebaikan dan ketulusan itu kita pandang sebagai bagaian dari agama, agama apa pun itu, dasarnya memang adalah keyakinan. Keyakinan/kepercayaan, kita tahu, adalah  bagian atau tanda dari cinta, cinta dalam maknanya yang luas. Dan cinta adalah eleksir yang mampu mengubah batu menja

Re: [wanita-muslimah] Re: Penemuan aplikatif bidang sumber daya air, pangan, dan energi

2006-04-04 Terurut Topik oman abdurahman
Mbak Mia, Maaf neh baru balas. Minggu sampe Selasa kemarin saya pergi ke Anyer memberikan penyuluhan/sosialisasi bencana gempabumi dan tsunami untuk guru-guru TK, SD, SMP sampai SMA perwakilan se propinsi Banten dan Lampung. Memang akhir-akhir ini saya sering ke luar kota euy (hehehe...ga ada yang

[wanita-muslimah] Re: Belajar pada Pohon Empat Musim

2006-03-19 Terurut Topik oman abdurahman
Penggalan puisi dari John Keast di bawah ini sebenarnya sebuah madzhab epistemologi. Dalam sebuah perdebatan antara Ibn Sina dengan seorang tokoh tasawuf terjadi perbincangan berikut: Ibn Sina : "Apa yang dapat dilihat jika tidak ada (alat-manAR) yang mampu melihat"? Rekannya, sang Sufi menjawab:

Re: [wanita-muslimah] Saatnya Mengangkat Harkat Petani

2006-03-17 Terurut Topik oman abdurahman
Mbak Mira, Alhamdulillah, walau bidang saya yang formal bukan tentang pertanian, namun saya sangat senang dan tertarik dengan berita-berita tentang pertanian. Ya, bagaimana pun alam kita dan sebagian besar masyarakat kita saat ini berkaitan dengan bidang yang satu ini: pertanian. Langsung saja pa

[wanita-muslimah] Re: Hukum Islam kek, Hukum Positif Kek... same aje!!

2006-03-09 Terurut Topik oman abdurahman
Sugeng mas Chodjim, Sebagaimana biasanya, saya amat terkesan dengan posting sampeyan. Untuk itu ijinkan saya ikut menggembirakannya dengan beberapa komentar di bawah potongan paragraf-paragraf sampeyan: On 3/10/06, [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > Negeri tempat nyiur melambai di sep

[wanita-muslimah] Re: Hukum Islam kek, Hukum Positif Kek... same aje!!

2006-03-09 Terurut Topik oman abdurahman
Kang Mas Wida, kita ucapkan "selamat datang" kepada madzhab persatuan kebaikan, ya. Kunci untuk itu telah diberikan oleh mas Chodjim dalam thread ini juga: beramal shaleh. Dan untuk itu, kita tidak perlu tergesa-gesa memvonis orang lain karena perbedaan "kapal" yang digunakannya. Maka, jika mesti a

  1   2   >