On Mon, Mar 22, 2010 at 06:32:39PM -0700, Setiajie 余鴻昌
wrote:

> Motherboard jebol itu banyak kasus dan sulit untuk dilacak penyebabnya.
> Soalnya setiap komputer teman-2ku dulu yang dibawa ke saya rata-2 penyebabnya
> motherboard mau rusak.
>
> Kalu motherborad mau rusak itu kalau pake Windows gampang ketahuan ...BSOD
> itu adalah salah satu cirinya.

Kalau pakai linux, BSOD juga black screen of the death :D.

Serius mode, kalau pakai linux, biasanya akan muncul error di syslog atau
yang sering di console. Dengan membaca error ini kita bisa tahu, hardware
yg defect apa, bisa memori atau harddisk.

--
Arief Yudhawarman
http://awarmanf.wordpress.com