Oktober 1997 saya melahirkan di RS MMC, VIP, DSOG yang selama 9 bulan memeriksa
saya, pada saat saya melahirkan justru tidak bisa datang karena sedang seminar.
Padahal dia tau persis kapan saya kira2 akan melahirkan, sehingga seharusnya dia
menyiapkan waktu untuk saya, pasiennya, pasien tetap.Akhirnya bayi saya
dikeluarkan oleh dokter kandungan jaga/ pengganti, dimana pada jam 2 pagi saya
datang kesitu tidak ada orang di UGD nya. Saya keliling2 ruangan dulu sambil
berhalo-halo cari orang yang bisa ngurus saya. Padahal itu UGD, dimana
seharusnya orang siap sedia 24 jam disitu..

Pada saat saya sudah 'setengah mati', dokternya bilang,'kayanya bayinya kecil
nih..', wah..saya jadi takut, jangan2 dia ngga baca status/ catatan medis
saya..karena memang pada saat pemeriksaan bayi saya dinyatakan kecil, dan
tercatat di status (meski setelah lahir ternyata beratnya 3 kg). Tidak hanya
itu. Karena pinggul saya kecil, dan saya sudah lemah karena menahan sakit
sebelumnya kurang lebih 12 jam, anak saya ngga nongol2 juga. Diperiksa detak
jantungnya, sudah melemah. Makin saya takut. Dokternya terlihat sedikit panik
dan tanya sama suami saya, 'gimana Pak, divakum aja ya?'. Suami saya yang juga
mulai panik setengah membentak, 'apapun. Lakuin aja yg terbaik, ngga usah nanya
saya'....trus..suster2nya..pada saat saya kesakitan, mungkin saya agak sedikit
rewel, masa dia bilang,' emangnya yang pernah ngelahirin cuman ibu aja..'
uuh...gondook..banget dengernya...!Itu sama pasien VIP. Gimana sama kelas kelas
dibawah? Waktu di ruangan persalinan juga gitu. Sementara saya kesakitan dan
suami menunggui saya dengan gelisah dan perasaan khawatir, suster2 disitu malah
ketawa2..bercanda..sungguh menyebalkan, dan setiap saya tanya, mana dokternya,
selalu dijawab, lagi dihubungi..., dan itu lamaaaa sekali.

Jadi, mending cari yang oke deh Bu. Itu sih pengalaman saya...ngga tau kalo ada
yang punya pengalaman enak disana...