Ada dua masalah yang hendaknya diperhatikan:

Pertama, seseorang menanggalkan budaya leluhur, sepenuhnya adalah hak orang
bersangkutan yang tidak layak digugat, dihujat. Itu adalah jalan hidup
pilihannya sendiri, sepnuhnya adalah hak mereka pribadi. Jadi, baik Sindhunata,
HTS atau siapa saja mau berasimilasi total, menanggalkan budaya Tionghoa,
ganti-nama, kawin campur bahkan jadi Islam,  terserah saja, ...  Tapi, begitu
pemikiran itu dianjurkan, dipropagandakan untuk dilaksanakan juga oleh orang
banyak, dan menjadi lebih salah diambil oper menjadi ketentuan Pemerintah untuk
dilaksanakan, inilah kesalahan serius, sadar atau tidak telah menginjak-injak
HAM, yang membuat jutaan Tionghoa menderita dan disakiti hatinya, yang
menyalahi Bhineka Tunggal Ika. Tidak seharusnya terjadi!

Kedua, sikap politik seseorang, tidak ada hubungan dengan tradisi-budaya yang
dijalankan. Berorientasi penuh pada bangsa Inddonesia, tidak mesti harus
menanggalkan budaya leluhur yang Tionghoa, dan harus menerima jadi budaya Jawa.
Tidak! Dalam kenyataan hidup, seorang yang masih menggunakan nama suku 3 yang
Tionghoa, bahkan masih bisa dikategorikan totok, kuat berkebudayaan Tionghoa,
juga ikut perjuangan Kemerdekaan RI, misalnya kelompok Tjo Tik Tjoen, ...
sebaliknya juga yang masih kuat ber-budaya Jawa, juga ada yang jadi penghianat
Bangsa, yang sangat merugikan dan membuat negerinya terpuruk sampai sekarang
ini, kok.

Salam,
ChanCT